Tanggal 26 Desember kemaren gw baru aja camping di Sukamantri Camping Ground, Bogor. Gw baru pertama kali kesini dan ini diajak sama temen kampus dulu. Sebenernya ini dadakan sih, tadinya kita cuma mau maen aja kesini tanpa nginep dan mau ke curug yang ada di deket sini sambil bawa nesting sama kompor buat masak mie atau kopi kalo laper, tapi akhirnya malem sebelum besok berangkat kita mutusin buat nginep buka tenda, yaudah malem itu juga langsung packing persiapan yang harus dibawa.

Total yang ikut ada 5 orang, 4 orang temen kampus dulu di gunadarma sama 1 orang lagi temen kantornya salah satu temen kampus gw ini. Recana kita bakal naik motor dan bakal buka 2 tenda disana. Karena gw ga tau jalan ke bogor kalo naik motor akhirnya gw mutusin buat bareng temen gw yang dari depok buat ke bogor bareng haha.. Gw dari bekasi jam 7 pagi sampe depok sekitar jam 9an. Dari depok, temen gw yang orang depok sama temen kantornya ini ternyata udah sampe, abis ngobrol bentar kita langsung jalan ke bogor buat nemuin 2 orang temen gw, kebetulan kita janjian di stasiun bogor. Sampe stasiun bogor kira-kira jam setengah 11an. Ternyata kota bogor makin parah ya jalanan, angkot dan pedagang kaki lima, orang-orang pada parkir sembarangan, parah lah macetnya hiks.

Setelah lengkap, akhirnya kita jalan ke sukamantri camping ground, gw juga ga tau sih ini daerah bogor mana, yang gw tau akses kesana jalannya sempit cuma cukup buat 2 mobil arah balik sama arah dateng. Sempet kena macet juga sih karena angkot banyak yang ngetem dan nurunin penumpang dijalan yang sempit itu hiks. Yang gw inget banyak plang penunjuk jalan kasih info tentang sukamantri camping ground ini, jadi harusnya sih ga mungkin kesasar kalo lu udah pada di jalan utama ini hehe..

Jalan menuju kesana sumpah jelek bgt hiks, kira-kira 3-4 km sebelum tempat bayar parkir jalannya parah bgt, jalannya batu-batu ga rata, lonjong dan lumayan gede. Kalo yang bawa motor apalagi motor matic sangat ga disaranin goncengan, mending suruh temen lu turun kalo ga mau koplingnya bau kaya motor temen gw kemaren. Kemaren kita 3 motor, 2 motor goncengan, jadi terpaksa 2 temen gw ini jalan sejauh 3-4 km sampe pintu masuk sukamantri camping ground. Kalo yang mau bawa mobil juga bisa, tapi mesti pelan-pelan kalo ga mau mobil lu rusak hiks, ga disaranin bawa mobil sedan kesini..

Setelah sampe dan bayar tiket masuk, perorang kita kena 25rb, udah termasuk biaya masuk perorang, masuk motor, sama ngecamp, sangat wort it lah ya dengan view sebagus ini, dibanding gunung pancar kemaren satu orang kena 100rb :( trus viewnya cuma hutan pinus walaupun bagus juga haha :D
tempat buat diriin tenda disini lumayan banyak, tapi yang viewnya bagus cuma 2 tempat sih, yang pertama yang deket tempat masuk beli tiket dengan view hutan dan kejauhan terlihat kota bogor sentul sama satu lagi dengan view hutan-hutan luas tapi sayang yang view hutan luas ini kebanyakan spot buat buka tenda udah diambil alih sama mobil-mobil yang parkir di deket tenda mereka :( tempat lainnya yang buat diriin tenda itu harus masuk-masuk ke dalam hutan.

Alhamdulillah pas kita dapet tempat yang lumayan bagus tempatnya dan viewnya, ga begitu jauh juga dari tempat parkir motor, warung makan, sama kamar mandi. Abis diriin tenda kita masak mie sama kopi trus ga lama kemudian main uno sampe mau magrib baru udahan karena ada yang mau mandi dll. Oiya kamar mandinya di sukamantri ini ada lumayan banyak sih, dan lumayan bersih juga air dan kamar mandinya, ada musholla juga disini, jadi yang mau solat harusnya ga kesusahan hehe. Abis mandi dan bersih-bersih, gw buat mie dan kopi lagi haha, tapi temen gw ada yang makan di warung sih, kalo di liat dan kata mereka sih enak makanannya, harganya juga ga terlalu mahal, worth it lah..

Abis makan, kita maenan kartu remi sampe jam 11 trus abis itu tidur hehe.. Jujur sih pas malem ga terlalu dingin, gw juga tidur walaupun bawa sleeping bag tapi ga gw pake, cuma buat bantal aja hehe, pas subuh-subuh baru terasa dinginnya. Jam 6 gw bangun, foto-foto pemandangan di sekitar tenda, abis itu sarapan ke warung, kita beli nasi goreng + telor ceplok harganya 10rb, enak lagi nasi gorengnya. abis makan di buat kopi, trus siap-siap buat ke curug. setelah ganti baju dan siapin barang yang mau dibawa ga lama kemudian kita jalan. Pas di tengah jalan kita tanya orang sih arah ke curug kemana, trus ada yang bilang katanya kemaren dia kesana ternyata curugnya kering ga ada airnya, sedih dan sedikit ga percaya juga sih dengernya, karena udah terlanjur akhirnya kita lanjutin jalan, 20 menit kemudian kayaknya kita sampe di tempat curug itu dan bener ternyata airnya kering.. karena udah terlanjur kesitu akhirnya kita cuma foto-foto aja disekitar situ trus ga lama kemudian kita balik ke tenda. pas sampe tenda kita mandi dan siap-siap packing buat pulang.

Overall seru sih tempatnya, suasananya, viewnya dan yang pasti jalan menuju kesininya sangat berkesan haha. Pengen kesini lagi semoga pas kesini lagi jalan menuju pintu masuknya udah diaspal.. Amin

YDXJ1711
G0406153
GOPR6192

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone