Tanggal 3-6 Desember kemarin gw baru aja trip ke Yogyakarta :D
ini pertama kalinya gw ke Jogja wkwk, udah lama sih jadi wishlist, Alhamdulillah kemarin kesampean, walaupun banyak juga tempat-tempat yang ga sempet gw datengin huhu
Kemarin gw berdua aja sama temen gw, temen kantor lama tapi emang sering ngetrip-trip bareng, kebetulan temen gw abis trip dari Malang, jadi kita langsung ketemuan di stasiun Yogyakarta.

Dan ini pertama kali juga gw berangkat naik kereta sendirian dari Jakarta, gw dah beberapa naik kereta tapi selama ini ga pernah sendirian, kalo naik pesawat sendiri atau bis sih (bis Bekasi-Bandung) udah lumayan sering :D
Kereta gw kemarin berangkat jam 7an malem dari Stasiun Pasar Senen, tadinya mau naik yang dari Stasiun Bekasi tapi ga ada jadwal yang cocok jadi terpaksa harus ke pasar senen, untungnya gw berangkat hari sabtu pas libur jadi enak sih nyantai :D
Gw dari rumah naik Go-Jek ke Stasiun Bekasi, dari stasiun Bekasi gw naik KRL yang jurusan Kota tapi lewat Stasiun Pasar Senen, ini jujur gw baru tau setelah googling di internet dan nanya ama twitternya https://twitter.com/commuterline
Asik admin twitternya @commuterline, pertanyaan gw selalu dijawab hahah, dari beliau gw dikasih tau jadwal keberangkatan kereta commuter line dari Bekasi – Kota lewat Stasiun Pasar Senen. Sampe di Stasiun Bekasi gw sekitar sore jam 2an lewat, dan KRL yang gw mau naikin itu katanya berangkat jam 3.15 sore. Alhamdulillah KRLnya kemarin sepi jadi enak bisa duduk hahah. Sampe Stasiun Pasar Senen itu jam setengah 5an. Gw solat asar dulu trus makan dulu di stasiun sambil nunggu magrib, abis magrib gw langsung masuk ke kereta, dan ternyata Alhamdulillah sepi juga keretanya, sebelah gw ga ada orang yang asik lah duduknya bisa leha-leha :D

Oiya di trip kali ini selain gw bawa Drone gw juga bawa kamera baru hahah, kamera SLR gw yang selama ini gw pake sebenernya punya adik gw, dan kemarin dia jual kamera SLRnya buat ganti sama kamera mirrorless Fujifilm XE-3, dan awal November kemarin dia ditugasin ke luar kota sama kantornya jadi mau minjem-minjem kamera susah, makanya dua trip terakhir sebelum ini gw ga bawa kamera, jadi yaudah karena sayang masa gw ke Yogyakarta ga bawa kamera yang bagus, trus emang udah dari dulu sih mau beli Kamera Mirrorless tapi ga pernah jadi-jadi karena selalu ada aja yang dibeli jadi duitnya kepake, kemarin akhirnya gw putusin buat beli kamera Mirrorless Fujifilm XT-20, tadinya sempet bimbang mau beli langsung XT-2 atau XT20, tapi setelah dipikir2 mending XT-20 dulu deh, karena jujur gw ambil foto masih amatir, kebanyakan pake auto mode, dan juga sayang juga beli nanti kalo beli XT-2. Udah beli mahal-mahal tapi makenya masih di Auto Mode terus wkwkwk, oiya karena liat review katanya batere-nya XT-20 ini boros, gw jadinya beli satu lagi baterenya buat persiapan.

Jadi, ini Itenary gw selama di Yogyakarta kemarin, Alhamdulillah selama disana cuaca cerah bgt, tadinya kita agak was-was karena lagi musim hujan trus seminggu sebelumnya juga ada bencana banjir dan tanah longsor di gunungkidul, tapi Alhamdulillah kemarin kita cerah dan tempat-tempat wisatanya terutama pantai-pantai gunung kidul aman semua buat dikunjungin :

Minggu, 3 Desember 2017 : Jl.Malioboro, Hotel (Nitip Tas), Keraton Yogyakarta, Plengkung Gading, Taman Sari, Hotel (check-in), Prambanan, Makan Malam di Gudeg Yu Djum
Senin, 4 Desember 2017 : Explore Pantai-Pantai Gunung Kidul, kemarin cuma dapet 2 pantai (Pantai Sedahan sama Pantai Sadranan)
Selasa, 5 Desember 2017 : Explore Mangunan yang ada di Bantul, sunrise yang telat di Kebun Buah Mangunan, Sribu Satu Songgo Langit, Hutan Pinus Mangunan, Sekolah/Panggung Alam Mangunan. Balik Ke Hotel, ketiduran sampe sore jadi cuma berenang2 aja di hotel, malemnya jalan-jalan di Malioboro sama makan malem di angringan LekMan deket Stasiun Yogyakarta
Rabu, 6 Desember 2017 : Checkout hotel, nitip tas, abis itu beli oleh-oleh ke toko bakpia kurnia sari, sama ke toko kue-nya Dude Herlino Jogja Scrummy, abis itu nongkrong di Epic Cofe sampe sore, balik ke hotel buat ambil tas, trus lanjut ke Stasiun Yogyakarta balikin motor sekalian pulang ke Jakarta/Bekasi

Untuk penjelasan kenapa begitu itenarinya, mari kita baca selanjutnya :D

Hari Pertama

Sampe di stasiun Yogyakarta itu sekitar pukul 4an pagi, pas azan subuh. Kebetulan temen gw yang dari Malang keretanya udah sampe duluan, gw keluar stasiun nunggu dia eh taunya dia masih di dalem stasiun solat subuh di mushola stasiun. Ya karena gw belum solat jadinya kita bedua ke masjid terdekat stasiun. Di situ gw solat subuh abis itu ganti baju, cuci muka, dll.
Karena kita janjian ama orang sewa motor jam 7an pagi, dan waktu itu masih jam 5.30an, jadi kita mutusin buat jalan-jalan ke Jalan Malioboro, ternyata lokasinya deket sama stasiun Yogyakarta, ga lama kita jalan udah sampe di papan plang Jalan Maliboro yang melegenda itu, banyak orang yang foto-foto disana, dan gw juga ga mau ketinggalan wkwkwk

Kita jalan-jalan aja sih liat suasana Malioboro di waktu pagi, enak masih sepi, toko-toko di sepanjang Malioboro belum pada buka, trus belum banyak pedagang kaki lima yang jualan, trotoarnya juga enak banyak bangku-bangku buat duduk, sekitar jam 6an para PKL udah mulai berdatangan, karena kita laper dan liat ada makanan enak yaudah kita mampir aja makan nasi kucing, gorengan sama minum teh manis anget :D

FE3FD43D-09C9-483A-97CE-9C81791F9F16
DEDFC1E3-7596-45EE-A449-529CAB68DCF8
6EAA2CA1-DE20-44C0-9581-59036923ABED

Sekitar jam 7an ternyata temen gw dihubungin ama orang yang nyewa motor kalo dia udah deket malioboro, yaudah akhirnya kita ketemuan, urus administrasi buat nyewa motor ini, abis itu kita berangkat ke Hotel tempat kita nginep, sebelumnya temen gw udah nelpon orang Hotel, nanya apakah bisa nitip Tas dulu sebelum kita check-in ntar jam 2an, dan mereka bilang bisa, yaudah makanya kemarin plan kita abis dapet motor kita ke Hotel dulu buat naro tas, lumayan jauh juga sih lokasi hotel kita sama Jl.Malioboro ini, sekitar 20-30 menit lah. Kemarin kita nginep di Student Park Hotel & Apartement, kita booking di Agoda, sekitar 1jtan buat 3 malem. Lumayan murah juga sih, dan fasilitasnya juga lumayan, minusnya mungkin di lokasi aja yang terlalu jauh dari pusat kota.

Abis nitip tas di hotel, kita langsung ke tempat pertama yang mau kita datengin yaitu Kraton Yogyakarta, Sampe sana kayanya sekitar jam 9an kurang, masih pagi jadi Kraton belum buka, jadi kita duduk-duduk dulu aja di sekitar kraton sampe buka, ga lama kita nunggu Kraton dibuka, tiket masuk gw lupa harganya berapa kalo ga salah 10rb atau 15rb per orang, masih terjangkau lah trus ada tiket lagi buat kamera/video gitu sekitar 2rb atau 5rb ya gw lupa :D
Yang jual tiket sama petugas kraton kalo gw ga salah kayanya abdi dalem Kraton gitu, udah lumayan berumur kebanyakan, Kraton Yogyakarta ini tempat tinggal atau istana Sultan Yogyakarta, beberapa tempat ada yang dibuka untuk wisata tapi beberapa tempat wisatawan di larang masuk, seru sih pas gw masuk sana, dari bangunan-bangunannya, orang-orang abdi dalemnya, apalagi pas masuk ke tempat foto-foto sultan-sultan Hamengkubuwono terdahulu. Puas liat-liat dan foto-foto kita keluar trus lanjut ke tempat selanjutnya yaitu Plengkung Gading/Nirbaya. Jujur ini gw ga tau sih ini tempat apaan pas temen gw ngajak kesini, tapi pas sampe sana unik juga bangunannya kaya gapura gitu trus pas kita naik ke atas ada jalan yang lumayan panjang, kalo kata temen gw kemaren ini tuh kaya benteng gitu, tapi kalian bisa google sendiri buat lebih paham tempat apa itu Plengkung Gading/Nirbaya :D

Ga lama sih kita disini, abis naik keatas foto-foto sebentar trus langsung ke tempat selanjutnya, tadinya kita mau ke alun-alun yang ada beringin kembar, tapi pas kita lewat sana lagi ada acara gitu ada panggung gitu deh di lapangan deket beringin situ dan berisik bgt jadi kita mengurungkan niat, akhirnya kita lanjut ke tempat berikutnya yaitu Taman Sari. Bagus sih ini Taman Sari, kalian mesti kesini misalkan ke Jogja, dari arsitektur bangunannya, tempat-tempat-nya jalanan bawah tanah trus, katanya disini dulu masjidnya sultan yang letaknya di bawah tanah, trus ada juga katanya disini tempat sultan dulu bersemedi, ada kolam air-nya juga, masih berdeketan sih ama Kraton lokasinya, mungkin dulu tempat ini sering didatengin sultan makanya dijadiin tempat wisata, sayang pas kemarin lumayan rame, mungkin karena hari Minggu kali ya, jadi pas gw foto di tempat icon-nya disini rame bgt ama orang huhu. Gw pasti bakal kesini lagi misalkan ke Yogyakarta lagi :D
Di belakang komplek taman sari ini ada kampung cyber gitu, yang dulu pernah didatengin Mark Zuckberg, nama jalan di kampung ini juga ada yang nama jalan pak menteri kita :D
Abis dari Taman Sari kita makan siang di warung nasi gitu mirip warteg lah tapi menu disini banyak bgt trus prasmanan juga ngambilnya, namanya Rumah Makan Rata-rata, ini temen gw yang bawa kesini sih, dulu pas dia ke Jogja dia pernah makan disini makanya ngajak gw kesini, enak kok makanannya, pilihan lauk dan sayurnya banyak, harganya juga murah hahah, abis makan kita balik ke hotel buat check-in.

C01478E8-F68E-4528-B13B-F61123BB71F3
CDB19BCC-28E9-4648-8508-5D986338C458
8DDB8208-18D6-4356-9DC4-235F3E6564C1
BF23E73C-B59B-48A3-8C4F-F720A8DF6235
081E6B86-A025-45F3-AE34-3D93D0EBAB28
F9746694-58BB-467F-891D-18A38687F496
98344177-DDDC-4A43-82B9-A7C578CCBFEB

Sampe hotel, kita langsung check-in, lumayan juga sih hotelnya, kalo menurut gw sebenernya ini Apartement tapi ada beberapa kamar atau mungkin lantai yang dijadiin hotel, karena interrior kamarnya ini bener2 settingan apartement studio sih, ada wastafel, sama kompor listrik juga disini, ada juga peralatan masaknya, di kamar kita istirahat melepas lelah sampe sekitar jam 2an kita siap-siap mandi, ganti baju segala macem buat pergi ke tujuan kita selanjutnya. Candi Prambanan, Tadinya gw mau sekalian sunsetan di Candi Ratu Boko tapi karena pas sampe Candi Prambanan kita udah kesorean dan sayang juga kalo di Candi Prambanan cuma sebentar jadi kita mutusin buat stay disini aja sampe sunset, ga jadi ke Candi Ratu Boko, padahal Candi Ratu Boko ini salah satu wishlist gw kalo ke jogja yang mau gw datengin, sama candi plaosan juga ga sempet kemaren huhu.

Lama perjalanan dari Hotel ke Candi Prambanan sekitar 30 menitan, kita sampe sana udah jam 4an kurang sih. Harga tiket masuk candi prambanan kemaren gw lupa berapa wkwk duh maaf ya hehe, karena temen gw sih kemaren yang beli tiket masuknya, luas bgt ya komplek candi prambananan ini, dan bangunannya bagus bgt kalian wajib kesini kalo ke Jogja, bener-bener ngeliat sejarahnya pas kalian liat langsung Candi Prambanan ini, apalagi liat ornamen dinding candinya dan gede-gede juga candinya. Biasanya kan dulu pas masih sekolah kita belajar Candi-candi kalo ga salah mata pelajaran IPS atau Sejarah :D
Sayang pas kemarin kesini ada plang yang bilang kalo Drone ga boleh terbang disini, kecewa juga sih karena ga bisa naikin drone, tapi paham kok demi keamanan, karena letaknya deket bandara Yogyakarta dan pas kemaren gw kesana emang banyak bgt sih pesawat terbang yang lalu lalang, jadi emang agak ngeri juga kalo nerbangin drone di tempat yang banyak pesawat terbang berlalu lalang gini.
Sekitar abis magrib kita jalan balik ke hotel, tapi sebelum balik ke hotel kita makan malem dulu di Gudeg Yu Djum, enak juga sih gudegnya dan kayanya lumayan terkenal karena banyak juga cabangnya dan pas gw kesana emang lumayan rame juga, boleh lah dijadiin tempat kuliner kalian kalo ke Yogyakarta :D
Abis makan kita balik ke hotel istirahat buat besok, karena rencananya kita bakal jalan pagi.

9A549B84-7C55-4231-9CEF-73E439E54343
13085216-AE2D-46BC-84A8-2F4EE49944D1
C7C03DC4-80A6-4F41-8B92-09EE3C96F106
C9520E5B-066C-477C-9303-144CDE4446E6
DF5FDE91-FD88-4F1D-91DE-D6F913550956
9C9DBAF5-D986-40F8-9B91-A42A0313CBA5

Hari Kedua

Tapi ya rencana hanyalah rencana karena pas besoknya kita bangun siang :p kita baru jalan dari hotel sekitar jam 8an. Perjalanan ke gunungkidul itu sekitar 2 jam-an, kita sempet berhenti dulu buat makan di daerah sekitar jam 10.30-an kita baru sampe di parkiran Pantai Sedahan. Perjalanan kesana kita di bantu pake google maps dan Alhamdulillah lancar, jalannya juga bagus, pas udah deket sana tadinya kita sempet nyasar malah di arahin ke Pantai Wedi Ombo, pas kita nanya sama orang sana dibilang bukan lewat sini, yaudah kita muter balik lagi, dan kita sempet ikutin plang jalan yang mengarahin ke pantai sedahan tapi baru masuk beberapa ratus meter ternyata jalannya jelek bgt dan ga mungkin kayanya motor bisa lewat, jadi akhirnya kita balik lagi dan ternyata ada plang lagi yang tulisannya “Parkir Pantai Sedahan, Pantai Greweng”, yaudah kita berhenti lah disitu dan tanya ama pemilik parkir disitu dan dia bilang disini parkir buat ke pantai sedahan dan untuk menuju kesana kita mesti jalan kaki, emang sebelumnya gw dah sempet research dan googling baca-baca beberapa artikel web kalo emang kita mesti jalan kaki lagi untuk menuju pantai sedahan, tapi gw nyangka kalo tracknya lumayan menguras tenaga dan waktu hahah. Dari parkiran ke pantai sedahan sekitar 45 menit- 1 jam-an tergantung kalian lama buat istirahat atau gak pas lagi perjalanan, dalam perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan persawahan warga sama kandang=kandang sapi warga sana. kalo buat gw tracknya emang lumayan cape sih, lengkap pokoknya ada nanjaknya dan ada turunnya juga, untungnya kita cuaca cerah jadi tracknya masih aman, kalo pas lagi ujan ga tau deh tuh kaya gmana :D
Pas sampe sana sepi banget pantainya cuma gw doang sama temennya dan ada beberapa warga lokal sana yang lagi pada mancing, dan emang bagus sih pantainya masih alami bgt, pasir putih, luas juga, di apit dua tebing gitu, sebenernya kalo kalian kesini bagusnya sekalian camping sih, karena emang kalo baca-baca Pantai Sedahan ini sering menjadi tempat buat camping ceria, tapi mungkin karena abis kejadian banjir dan longsor gunungkidul kemarin para wisatawan masih takut kali ya buat kesini. Kalo kalian lagi ke jogja dan gunungkidul masuk itenary kalian dan kalian ada waktu lumayan banyak.. Pantai Sedahan mesti kalian kunjungin, beda lah pokoknya dari pantai-pantai yang pernah gw kunjungin :D
Puas foto-foto, nerbangin drone, dan istirahat sebentar karena emang panas bgt, Sekitar jam 2an kita jalan balik lagi ke parkiran, sampe parkiran kita istirahat dulu sekitar 30 menit karena capenya hahah, abis itu kita lanjut ke tempat selanjutnya Pantai Sadranan.

257684A9-4F57-45DD-BE6C-1E0A53CAEC43
053B87AA-531B-4400-80A7-7DDFDA46DB6E
91CF6325-DEC2-4F5F-9F88-1E52C23CF1FE

Perjalanan dari Pantai Sedahan ke Pantai Sadranan lumayan juga sekitar 40 menitan. Pantai Sadranan ini letaknya deket-deketan lah sama lokasi pantai yang lain soalnya pas kita kesana kita ngelewatin plang yang mengarahkan kita untuk kesana, kaya Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Watu Lawang. Pas kita sampe sana lumayan rame juga, bule juga banyak pas gw kemarin kesini, tapi ternyata kalo orang-orang yang jualan disitu segitu sepi sih, pas sampe sana karena kita belum makan jadi kita makan dulu di warung daerah pantai, lumayan enak juga dan harganya juga standar lah ga terlalu mahal, abis makan kita jalan-jalan di sekitar pantai, Pantainya bagus, pasir putih, tapi air lautnya ga sebiru warna yang gw liat di internet hahah, tapi kata orang yang jualan tadi itu karena longsor dan banjir kemarin jadi airnya ga begitu biru, pantainya juga lumayan luas dan panjang sih. kita duduk-duduk di pantai sambil foto-foto, sekitar jam 5an pantai udah sepi bgt cuma kita bedua doang hahha, jam 5.30 kita balik ke parkiran motor dan toko-toko warung disana udah pada tutup, tukang parkir motor aja udah ga ada :D Ga tau kenapa bisa sepi gitu ya. Perjalanan pulang sekitar 2 jam-an dan lumayan gelap juga sih jarang ada lampu jalan gitu, jadi kalo kalian magrib atau malem balik dari gunungkidul mesti hati-hati.

40E5BBE8-D344-4987-A409-DDC4B70F3F9B
B2B8FF2E-DF10-405B-9772-D7B34865886B
B3D6E36D-6694-4CE7-A068-06C66809533E
04CBB773-6308-4147-A677-826FC7B30253

Hari Ketiga

Hari ketiga temen gw bangunin gw sekitar jam 4, gw langsung mandi, abis solat subuh sekitar jam 5an kurang kita berangkat. Tujuan kita hari ini explore daerah bantul terutama Mangunan. Soalnya kalo liat di internet banyak juga tempat-tempat wisata yang bagus disini. Tempat pertama yang mau kita datengin itu kebun buah mangunan kita mau liat sunrise dari sana, tapi sayang kita ternyata kurang pagi datengnya,pas sampe sana sekitar jam 6an kurang, jadi matahari udah naik duluan pas kita sampe sana hikzz. Padahal kalo kita bisa dateng sekitar jam 5an kurang disini bisa liat hutan-hutan yang ditutupin awan sampai matahari muncul, tapi sayang kurang pagi kita berangkatnya hikz. Puas foto-foto dan menikmatin pemandangan, kita lanjut ke tempat berikutnya yaitu Sribu Batu Songgo Langit, ini lebih kaya tempat wisata yang dibuat gitu sih, banyak spot2 instagrammable disini :D, puas foto-foto disini kita lanjut ke tempat selanjutnya yaitu Hutan Pinus Mangunan, disini dari namanya udah ketauan kan kalo ini hutan pinus, puas foto-foto di hutan pinus kita ke depannya ada tempat bagus juga disini namanya gw lupa antara sekolah alam mangunan atau panggung alam mangunan, jadi kaya ada panggung beserta tampat duduk dari kayu yang setengah lingkaran yang di kelilingi hutan pinus gitu, bagus sih ini. Oiya untuk semua tempat wisata yang gw datengin tadi ada Harga tiket masuknya tapi gw lupa berapa temen gw yang bayar soalnya, kalo ga salah sekitar 5b-10rb/orang deh. Masih terjangkau lah. Sekitar jam 9an kita balik turun ke tempat tujuan kita berikutnya yaitu Ganjuran, gw kesini penasaran aja sih liat di salah satu akun instagram tempatnya unik dan bagus kalo menurut gw jadi jalanan lurus gitu di pinggir jalan kanan kiri ada pohon tinggi gw ga tau nama pohonya kaya cemara gitu bentuknya hahah, cuma numpang lewat aja sih kemarin foto-fotonya dari atas motor doang, tadinya abis dari sini gw sih pengennya explore pantai-pantai di daerah bantul kaya ke Pantai Parangtritis dll tapi temen gw kemarin minta balik ke hotel aja istirahat karena emang kita tadi start jalan jam 4 pagi, di tengah perjalanan pulang ke hotel kita mampir dulu buat makan siang, sekitar jam 11an kita udah sampe di hotel.

2EF8A517-B289-46C8-A2CA-1873F1A1CA53
11ACFF1E-1B59-4F2F-B0B9-8336552BE1B0
9966480D-2017-40E2-B356-A06BA75FA046
1F291390-5EB6-4CAF-9947-98804F84A173

Sekitar jam 3an kita mau nyoba berenang di hotel dan abisin sore hari disana, lumayan bagus juga sih kolam renangnya, infinity pool gitu, viewnya sih biasa aja ya.. tapi dari sini kita bisa liat pesawat yang baru lepas landas atau baru mau mendarat ke bandara Yogyakarta, kolamnya sendiri ga begitu gede tapi untungnya kemarin ga begitu banyak orang yang make kolam renang, jadi terasa luas juga sih. Disini juga ada resto gitu dari hotelnya dan kemaren gw pesen nasi ayam keju + es teh manis, lumayan enak juga sih hahah. Pas azan magrib kita balik ke kamar, mandi dan siap-siap karena malem ini kita bakal ke Malioboro buat mencoba suasana malioboro malem hari :)

0E8DAFF9-F1A0-4F16-936C-F5A502C7289C
4BC2815A-B012-43C5-ABA8-F8346592F987
4E716D48-3857-459E-A942-A75F1A9CF958
5B26D8DD-31A6-458E-8054-BC4AB9DEBE11

Sekitar jam 7an kita jalan dari hotel ke malioboro, lumayan rame juga jalanan menuju ke Malioboro. Sampe sana kita parkir di tempat parkiran yang udah disedian untuk motor gitu, lumayan gede tempatnya. Karena kita belum makan dan sebelum ke malioboro kita makan dulu di Angkringan Lek Man, ini gw liat di internet sih dan lumayan terkenal angkringannya, beberapa orang merekomendasiin ke sini, lokasinya deket sama Malioboro dan stasiun Yogya, menu-menunya terutama satenya lumayan banyak dan enak-enak juga, dan disini juga nyediain kopi joss, gw karena penasaran jadi gw pesen kopi joss dan enak juga ya ternyata, selama ini gw penasaran rasanya kopi joss, kopi hitam di kasih arang gitu dan akhirnya kesampean nyobain kemarin haha.. Abis makan kita jalan-jalan di sekitar malioboro, pas kita sampe sana ternyata para PKL yang biasanya rame di trotoar dan di depan toko-toko malioboro ga jualan dan maliboro keliatan lengang bgt hahah.. Pas kita tanya ke staf salah satu toko di malioboro sana, emang ada peraturan dari Sultan kalo tiap selasa para PKL harus libur jualan. Jadi jangan heran kalo kalian ke malioboro di malem hari dan di hari selasa ga ada PKL yang jualanya :p

D5F70E5D-BC48-4F92-9977-EF59CFC2C830

Hari Keempat

Ini hari terakhir kita di Yogyakarta, jam 7an malem nanti kereta yang bakal kita naikin berangkat dari Yogyakarta ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta lewat Stasiun Bekasi pastinya :D
Tadinya kita pagi-pagi banget sekitar jam setengah 4 subuh jalan dari hotel mau ke Candi Borobudur sama ke Geraja Ayam salah satu tempat yang lagi populer karena film AADC 2. Tapi kita ketiduran dan bangun siang sekitar jam 8an. Karena ga mungkin juga kita kesana jadi kita mutusin buat di hotel aja packing dan leha-leha sampe waktu checkout tiba, sekitar jam 11an kita checkout hotel trus ga lupa nitip tas dulu di hotel, kita rencananya mau beli oleh-oleh di bakpia kurnia sari sama Jogja Scrummy, abis beli oleh-oleh kita makan siang dulu di Rumah Makan Rata-Rata (lagi), abis makan karena kita bingung kemana mau ngabisin waktu sampe nanti sore dan agak males juga kalo ke tempat-tempat wisata lagi jadi kita mutusin buat nongkrong aja di cafe dan kita mutusin ke Epic Coffe, ini juga salah satu cafe yang lumayan terkenal di Yogjakarta, kopinya enak dan banyak pilihan menunya, tempatnya juga luas dan enak buat nongkrong menghabiskan waktu, kemarin gw pesen ice coffe latte, trus stick cumi gitu, sama gw nambah lagi minumnya, gw lupa namanya pokoknya alpukat-alpukat gitu enakkkk :D

E81257D2-2750-4632-879A-0A0BCF6D75A1
B219FB1F-B2B4-4BE8-B49D-44B87A7CF488
503DADDC-7D1B-41C4-94D8-0F63840F85ED
5EBAD122-2729-4BEF-B9DF-DBDA2E8CCE64

Sekitar jam 4an kita balik ke hotel buat ambil tas, abis ambil tas kita jalan ke Stasiun Yogyakarta, sampe stasiun Yogyakarta sekitar jam 5 kurang, kita ketemuan dulu ama orang sewa motor buat balikin motornya, abis balikin motor kita masuk ke stasiun Yogyakarta menunggu kereta dateng untuk mengantarkan kita kembali ke Jakarta.

Overall Yogyakarta tempat yang lumayan komplit ya banyak tempat wisatanya yang bisa kalian datengin dan ga cukup kayanya kalo cuma 4 hari 3 malem kaya gw ini, dari mulai wisata sejarah, wisata pantai, pegunungan, bukit. Terutama wisata sejarah sih kalo kelian pertama kali ke Yogyakarta kalian mesti ke Kraton sama Taman Sari buat liat gmana sejarah Yogyakarta, sama ke candi-candi juga, sayang kemaren banyak candi yang ga sempet gw datengin kaya Candi Plaosan, Candi Sewu, Candi Ratu Boko, Candi Borobudur.Trus di gunungkidul juga banyak tempat wisata lain terutama pantai yang ga sempet gw datengin, dari banyaknya pantai di Gunungkidul, yang gw datengin kemaren cuma 2 pantai wkwkwk. Dan di gunungkidul juga ada tempat wisata lain kaya gua pindul, goa jomblang yang ga sempet gw datengin juga dan bagus juga kalo liat foto-fotonya di internet/instagram. Di Bantul juga banyak tempat-tempat yang gw skip, kaya ada beberap tempat di mangunan yang gw skip dan emang bagusnya pas kesana pas pagi-pagi buat liat pemandangan awan sutera, trus ada juga pantai-pantainya di Bantul, trus gw juga pengen sebenernya ke Kalibiru, pengen juga ke Merapi dan explore tempat-tempat wisata disana, ga pengen merapi tour yang naik jeep itu sih sebenernya tapi lebih pengen liat gunung merapi dari deket aja :D, Kulinernya juga kemaren gw banyak yang keskip, ada banyak sih rekomendasi kuliner kemaren di Jogja tapi ga sempet buat nyobain, makanan-makanan di Yogyakarta enak dan murah juga dan orang-orangnya juga ramah. Pasti bakal balik lagi sih gw InsyaAllah semoga ada rejeki buat kesana lagi.. Amin

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone