Abis dari Banyuwangi, gw lanjut buat ke Bandung sebelum balik ke rumah. Tadinya mau lanjut Bali trus Lombok tapi mengurungkan niat xixixi. Sebenernya udah sering bgt ke Bandung, camping, staycation atau mungkin tektok pulang balik tapi belum pernah sampe seminggu di Bandung, paling lama cuma 2-3 hari aja.
Kemaren sampe di Bandung hari senin pagi sekitar jam 7an. Karena check-in masih lama sekitar jam 2-an jadi gw numpang kerja dulu di cafe deket stasiun Bandung. Nama cafe-nya Loko Coffe Shop, kayanya ini punyanya KAI juga, tempatnya lumayan gede, terutama outdoornya. Sayang pas pagi belum ada makanannya cuma minuman aja. Mayan lama juga gw di Loko sampe jam 12-an. Oiya gw juga kemaren sewa motor dan udah janjian sama yang sewa motor sekitar jam 12an. Ketemuan di depan Loko Coffe Shop juga, sayang kemaren dapet motornya agak butut, untungnya gw cuma sendiri kalo bedua keknya kasian motornya. Sekitar jam 12an gw langsung otw ke The House Tour – Midtown di daerah Ciumbuleuit.

Lokasi The House Tour – Midtown kalo dari arah UNPAR dari jalan raya Ciumbuleuit masuk ke dalam, lokasinya ada di daerah pemukiman penduduk, deket sama Edelweiss Tea & Coffee House. Dari luar ga terlalu gede, parkiran mobil motor juga di depan lokasi hotelnya ada tanah kosong, keknya ini lokasi parkir khusus buat tamu mereka. Depan hotelnya itu Boundary, restonya mereka, ada ruangan kaca gitu di sampingnya keknya ini salah satu spot instagrammable-nya. Buat kamarnya kayanya ga begitu banyak ya, kalo gw liat cuma 2 lantai dan lumayan kecil kalo liat dari lobby. Kebetulan pas kemaren sampe belum bisa checkin jadi yaudah gw nunggu di resto-nya aja sekalian pesen makan sekalian makan siang, kemaren pesen aglio olio sama kopi susu rasa pisang gitu, enak juga. Sekitar jam 2 di kabarin kalo kamarnya udah ready, yaudah gw langsung ke kamar, kemaren pesen kamar type Large with Bathub. Lokasinya kamarnya ada di lantai 1. Lumayan gede tapi ga terlalu gede bgt, interiornya lumayan bagus, tv-nya kecil tapi udah bisa netflix-an. Lokasi kamar mandi sama Bathubnya beda, agak lumayan PR kalo abis berendam di bathub dan mau lanjut mandi. Sore-nya gw WFC di Nomadic cafe, daerah pasteur. Nomadic cafe ini lumayan gede pilihan makanan sama minuman juga banyak, kemaren pesen cafe latte sama snack. Kopinya enak, lumpianya juga lumayan enak, kemaren karena udah kesorean jadi ga terlalu lama di Nomadic Cafe-nya, sebelum balik ke hotel mampir dulu beli cilok dan cireng cipaganti buat makan di hotel.

Besok paginya gw sekitar jam 7 gw keluar kamar buat sarapan, gw kira sarapannya itu ala carte gitu karena hotel kecil biasanya ala carte tapi ternyata buffet walaupun ga terlalu banyak jenisnya, rasanya juga biasa aja, abis sarapan gw langsung otw ke salah satu coffe shop di Ciumbuleuit yang buka pagi yaitu Masagi Koffe. Sekitar 7 menit motoran dari The House Tour ke sana, pilihan makanannya kebanyakan pastry, buat menu kopinya juga standar coffe shop pada umumnya, kemaren pesen hot capuccino sama almond croissant. Untuk seatingnya ga terlalu banyak terutama indoornya tapi halaman mereka luas bgt, adem banyak pohon ijo-ijo. Dan kemaren walaupun weekday dan pagi ternyata lumayan rame juga yang kesini, tempatnya emang asik sih buat menikmati coffe di pagi hari sambil kerja buka laptop atau mungkin baca buku. Kopi mereka juga enak. Abis dari Masagi Koffe gw lanjut ke Villo Gelato, sekitar 5 rumah dari masagi, suasana masih sama khas Ciumbuleuit, banyak pepohonan, adem, ijo-ijo, halaman luas. Seatingnya lumayan banyak bahkan ada yang di atas pohon juga, kemaren pesen es krimnya, kopi botolan sama nasi tim-nya. Tempatnya asik bgt buat kerja tapi kalo duduk di outdoor keknya jarang ada colokan, untung pake macbook M1 pro kuat seharian tanpa colok kabel xixixi. Abis dari Villo Gelato langsung balik ke hotel buat dzuhur-an trus lanjut kerja lagi. Sorenya karena mager ke luar jadi memutuskan buat kerja dari resto The House Tour – Midtown, pesen kopi banana kaya kemaren, malemnya gw order makan via grabfood di warung kopi imah babaturan.

Besok paginya masih sama kaya kemaren, sarapan dulu di hotel trus lanjut WFC ke Sama Dengan Coffe di daerah cipaganti, kalo liat instagramnya Sama Dengan Coffe ini ternyata ada beberapa cabang, di jakarta, bogor sama Bandung. Lokasinya ada Jl. Cipaganti, satu area sama Hotel Frances, saran gw set google maps-nya ke Hotel Frances, soalnya kemaren sempet set Sama Dengan Coffe tapi ga bener directionnya, kalo baca-baca di google place itu masih lokasi mereka yang lama, parkirannya juga satu area sama Hotel Frances, dari parkiran jalan dikit ke belakang, konsep tempatnya kaya bangunan belum jadi gitu, banyak seating tempat duduknya, pilihan makanan sama minuman juga banyak, ada menu breakfast juga karena mereka juga udah buka dari pagi. Overal tempatnya asik buat kerja, makanan sama kopinya juga enak. Abis dari Sama Dengan gw lanjut buat ke Habitaas, lokasinya di Jl. Raden Patah. Dari luar sih ga begitu gede tapi pas masuk mereka ada halaman belakang yang lumayan luas, kalo untuk seating ga terlalu banyak, ada tempat duduk indoor juga yang satu area sama bar dan kasirnya, untuk pilihan makanan sama minuman ga terlalu banyak, untuk kopinya mereka lebih ke kopi mocktail gitu ya, karena ga ada cafe latte, cappucino atau menu kopi biasa gitu, pokoknya beda lah menu minumannya, untuk makanannya juga ga terlalu banyak pilihan, kemaren cobain roti goreng, menurut gw biasa aja. Abis dari Habitaas mampir dulu ke Cap Roti Buaya Dipatiukur, ga terlalu jauh dari Habitaas searah jalan pulang ke hotel makanya kemaren mampir hehe, penasaran aja sih sebenernya sama Roti Buayanya. Lokasinya ada di kawasan ruko gitu, tempatnya ga terlalu gede, tapi di luar ada beberapa seating tempat duduk, kalo indoor ga ada ya kayanya. Kemaren takeaway roti buaya sama es kopi susu-nya. Kopi susunya kurang karena mereka pake stock espresso bukan yang di brew langsung ketika ada pesanan gitu, mesin espressonya juga ga ada kayanya, roti buayanya juga biasa aja kalo menurut gw, menang di tampilan aja, rasanya kaya roti pada umumnya hehe. Sampe hotel lanjut kerja lagi, malemnya gw ke Kuro Koffe yang masih di daerah Ciumbuleuit, ga jauh dari The House Tour – Midtown, pas kesana lumayan rame, parkirannya ga terlalu gede buat mobil, kalo buat motor sih aman, seatingnya banyak dan mereka ada dua lantai buat seating indoornya, outdoornya lumayan luas dan banyak juga seatingnya tapi agak gelap, kurang penerangan. Kemaren pesen cold brew botolan mereka sama aglio olio, kopinya enak, aglio olionya juga enak, pengen cobain kesana lagi tapi di pagi hari keknya asik duduk di outdoornya.

Besoknya masih seperti biasa, sarapan dulu di hotel dan karena siang ini mesti checkout jadi gw ga kemana-mana, lanjut kerja di kamar hotel sampe waktu checkout ntar jam 12. Jam 12.00 gw checkout abis itu langsung otw ke hotel selanjutnya, yaitu Maison Teraskita di daerah Braga, lokasinya sangat strategis, di Jl.Asia Afrika, depan persis Masjid Raya Bandung, kalo hotelnya ga terlalu gede apalagi parkirannya sangat terbatas apalagi yang bawa mobil, tapi tenang ntar di bantu kok sama petugas hotelnya. Kemaren order kamar The Deluxe Maison Attic, kamarnya lumayan gede, interiornya juga ok, TVnya lumayan gede tapi sayang belum smart tv jadi ga bisa netflix-an. Fasilitas lainnya standar hotel pada umumnya, mereka juga ada kolam renang tapi kemaren ga sempet liat gmana bentukannya. Sore-nya gw WFC di BlueDoors Braga, lokasinya ada di Jl. Alkatiri ga begitu jauh dari hotel, jalan kaki cuma 10 menitan, mereka juga ada cabang selain disini gw juga pernah kesana waktu dulu, di Braga ini merupakan cabang pertama mereka, sesuai namanya Blue Doors, pintu mereka juga warna biru, tempatnya ga terlalu gede seatingnya juga ga terlalu banyak, kopi mereka enak-enak, beda bgt deh manisnya, kalo makanan mereka cuma ada pastry, abis ngopi dan sambil kerja di Blue Doors gw lanjut buat cari gunting kuku sekalian cari makan berat karena dari siang belum makan, di blue doors tadi cuma makan roti aja dan masih laper wkwk. Mayan juga jalan muterin braga sampe ke The Kings Shopping Centre, katanya disini ada watson, dan ternyata Alhamdulillah ada gunting kukunya di Watson, Abis beli gunting kuku lanjut cari makan berat tapi bingung mau makan dimana akhirnya pesen via grabfood wkwk. Kemaren pesen nasi ayam SPG dan ternyata enak bgt, sangat rekomended. Malemnya gw ke daerah cipaganti buat ambil laundry-an, abis itu jalan ke deket starbucks braga buat beli bacang legends sekalian liat suasana braga di malam hari, dan ternyata lumayan rame juga braga. Nama bacangnya, Bacang Panas Braga, katanya sih ini salah satu makanan legend karena udah lama, kemaren beli 2 pcs dan pas cobain beneran enak. Abis makan bacang, gw balik ke hotel, buat ke restaurantnya, tadinya mau ngopi doang tapi akhirnya beli Aglio Olio juga xixixi. Overall enak juga makanan dan minuman di restaurant Maison Teraskita.

Besoknya gw bangun lumayan pagi, karena pengen jalan pagi muterin braga sekalian cari sarapan. Kemaren sengaja pas booking hotel ga sekalian sama sarapan karena pengen cari sarapan di sekitar braga hehe. Udah googling dari kemaren kalo di Jl.Alkatiri ini ada bubur legend. Lokasinya di depan Warung Kopi Purnama, ga jauh juga dari Blue Doors yang gw datengin kemaren sore. Buburnya enak, karena weekday jadi ga terlalu ngantri tapi lumayan rame. Abis makan bubur gw jalan lagi ke Litle Contrast Braga buat beli kopi, lewatin Jl.Braga ga terlalu rame karena weekday juga ya kayanya. Litle Contrast tempatnya kecil, ada tempat duduk tapi palingan cuma buat 3-4 orang. Kemaren gw beli buat di take away. Abis beli kopi balik ke hotel, sebelum ke kamar minum kopi dulu di kursi depan hotel. Abis ngopi ke kamar trus mandi abis itu lanjut otw buat WFC di Two Cents Coffe di Jl.Lombok. Parkirannya mayan gede, ada yang jagain, tempatnya menurut gw biasa aja, seatingnya lumayan banyak terutama buat outdoornya, indoor kayanya ada 2 lantai, pilihan makan dan minumannya banyak, kemaren gw pesen Waffle Chicken sama Hot Cafe Latte. Enak semua, palingan kemaren suara musiknya lumayan keras, kurang cocok buat yang sering meeting via google meet atau zoom karena suara musiknya lumayan ganggu. Abis dari Two Cents balik ke hotel buat siap-siap jumatan. Kemaren jumatan di Masjid Raya Bandung, enak depan hotel tinggal jalan dikit, udah beberapa kali kesini enaknya karena gede bgt masjidnya ga khawatir ga dapet tempat hehe
Abis jumatan balik lagi ke hotel trus siap-siap otw buat WFC. Kemaren gw ke Tjimanoek 43. Tempatnya asik, seatingnya banyak ada indoor sama outdoor, tapi yang outdoor deket bar-nya lumayan panas, pilihan makanan sama minuman ga terlalu banyak, kemaren pesen ice kopi susu sama cinamon roll. Yang paling ga enak petugas parkirnya sih, kurang ramah, pas dateng ga bantuin buat parkir tapi langsung di mintain uang parkir. Abis dari Tjimanoek 43 gw lanjut ke Kedai Asmara, karena dari siang tadi belum makan nasi jadi laper, Kedai Asmara ini lokasinya di Jl. LLRE Martadinata, gede bgt tempatnya, parkirannya luas, seatingnya juga banyak bgt, di sini itu menunya makanan indonesia rumahan gitu, mirip warteg tapi lebih keren, sama kaya warteg, pas dateng mereka langsung isi nasi ke piring trus nanya ke kita mau menu apa, kalo harganya juga lebih mahal kalo di banding warteg, kalo buat makanannya enak kok menurut gw. Abis dari Kedai Asmara langsung balik ke hotel trus lanjut kerja, malamnya karena mager kemana-mana jadi buat makan malem order via grabfood, kemaren gw order Nasi lemak di Banceuy, enakkk.

IMG_E1922

Besoknya seperti biasa bangun pagi, pagi ini mau ketemu temen gw di Blue Doors, temen SMA tapi masih sering ketemuan bareng temen-temen deket SMA lainnya, pernah juga beberapa kali travelling bareng, terakhir itu kita travelling ke Malaysia, bisa liat postinganya disini :
tadinya dia ngajak ketemuan semalem tapi dia baru sampe Bandung udah malem dan gw mager bgt buat keluar malem-malem. Sebelum ke blue doors kita makan bubur dulu di tempat gw makan kemaren, abis makan bubur baru kita ke Blue Doors buat ngobrol sambil ngopi. Oiya ini hari terakhir gw di Bandung, siang nanti gw mesti checkout trus ke Stasiun Bandung buat balik ke bekasi, sengaja gw pilih hari sabtu buat balik karena kalo minggu takut rame di stasiun sama penuh keretanya. Abis dari Blue Doors, gw balik ke hotel dan siap-siap packing. Sekitar jam 11.30 gw checkout hotel, Overall Maison Teraskita ini sangat recommended terutama buat wisatawan yang ga bawa kendaraan mobil, tempatnya bener-bener strategis, deket kemana-mana. Abis checkout langsung ke Stasiun Bandung, sebelum masuk stasiun Bandung gw balikin motor dulu. Abis balikin motor langsung ke dalam stasiun buat cetak boarding pass, karena keretanya udah bisa di masukin juga yaudah gw langsung aja ke kereta, kemaren lumayan penuh juga keretanya, semua kursi full. Sekitar jam 13.30 kereta mulai jalan, sekitar jam 3an gw sampe di Stasiun Bekasi, sebelum balik ke rumah karena laper belum makan siang jadi mampir dulu makan nasi padang di depan stasiun. Abis makan langsung otw pulang ke rumah. Overall seru sekali Work From Yogyakarta, Banyuwangi, Bandung kali ini, walauapun cuma seminggu di tiap kota masih merasa kurang wkwk. Semoga bisa work from Yogyakarta, Banyuwangi, Bandung lagi dengan durasi yang lebih lama.. Aamiin

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone