Alhamdulillah kemaren karena masih pagi jadi jalan menuju ke Cikole ga macet, macet palingan biasa di daerah pasar lembang ya kalo ga salah, karena angkot juga sih itu banyak yang ngetem. Abis dari situ Alhamdulillah lancar. Limasegi Dipinus ini lokasinya di pinggir jalan raya Tangkuban perahu, gampang lah pokoknya, sebelahan sama Warung Kopi Gunung yang pernah gw datengin juga kalian bisa liat postnya di sini
Pas gw ke Warung Kopi Gunung kemaren, Limasegi dipinus ini belum ada jadi bisa dibilang kalo Limasegi dipinus ini baru buka. Pas kita sampe sana kebetulan ga terlalu rame, jadi bisa pilih tempat duduk yang kita inginkan hehe. Bangunannya oke, ada 2 lantai lah ya, ada yang di outdoor sama di indoor. Bangunannya semua semi outdoor jadi ga ada yang pake AC. Kalo di banding Warung Kopi Gunung sih lebih gedeaan Warung Kopi Gunung yah di banding Limasegi Dipinus ini. Dari bangunan juga lebih estetik sana haha. kalo buat viewnya sih mirip-mirip ya, pemandangan hutan pinus dengan camping ground. Untuk pilihan makanan dan minumannya lumayan banyak, kemaren karena kita sebelum kesini makan nasi kuning Ny.Shelvy jadi kemaren kita ga pesan makan cuma pesen kopi aja, pas awal-awal gw order Hot Latte, kopi enaknya pas dateng juga penyajiannya bagus ada art latte juga, menandakan kalo emang mereka ada mesin espresso dan barista yang handal *sotoy wkwk. Setelah hot latte gw abis, gw order lagi iced banana kopi gitu, tapi menurut gw kurang enak yak, keknya sih dari syrup banananya yah, terasa bukan banana deh pokoknya, lebih enak Banana Kohi-nya Konichiwa. Lumayan lama juga kita di Limasegi Dipinus, karena emang sekalian menunggu waktu checkin di Tangkal Pinus. Sekitar jam 12-an tadinya kita mau pesen makan siang di sini atau beli makan di sini tapi di bungkus ntar makannya di Tangkal Pinus, tapi temen gw menyarankan mending cari makanan di luar aja. Yaudah akhirnya kita cabut dari Limasegi Dipinus, trus sebelum ke Tangkal Pinus kita cari resto sunda dulu buat bungkus makan siang, ntar makannya di Tangkal Pinus

Tangkal Pinus ini merupakan salah satu camping ground baru di daerah Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Lokasi ada di kawasan jayagiri cikole, masih satu kawasan sama orchid forest cikole, sekitar 300 meter dari orchid forest cikole. Kalo ga salah Tangkal Pinus ini baru buka di bulan Desember 2022 dan lumayan viral di social media karena mereka konsepnya private camping dengan fasilitas lengkap, dan disini juga ada cafe dengan bangunan cantik yang buka 24 jam buat yang camping disini, trus ada 2 hewan Alpaca bernama Rintik dan Langit, ada wahana naik kuda yang bisa membawa kalian berkeliling di Tangkal Pinus. Selain camping disini juga bisa makan aja di restaurantnya kok, tapi buat yang ga camping ada jam-jam tertentunya yah buat pengunjung ke resto. Untuk kesini baik camping maupun ke restaurantnya kalian mesti booking atau reservasi dulu ya, karena tempat ini lagi rame-ramenya di datengin. Kemaren sampe sana kita langsung ke tempat resepsionis gitu atau bisa di bilang lobby lah ya buat konfirmasi kedatengan kita. Setelah menunjukan bukti bookingan yang sudah di bayar, kita nunggu dulu sekitar 20 menitan lah buat pihak sana komunikasi kalo tenda kita emang udah siap. Di tempat resepsionis ini juga ada burung hantu gitu, jadi semakin menambah keren, bangunan cantik warna hijau dengan latar hutan pinus dan ada burung hantu nangkring di depan haha. Ga lama kemudian kita udah bisa menuju tempat parkiran mobil di deket camping groundnya. Oiya disini itu ada beberapa type tenda gitu yang bisa kalian pilih, ada yang mandiri buat yang pengen bawa tenda sendiri, ada yang sewa tenda langsung dari sini, atau mungkin yang mau campervag (camping dengan mobil kalian disamping tenda). Kalian bisa liat list lengkapnya sekalian harganya di instagram mereka @tangkalpinus
Untuk camping groundnya sih ga terlalu gede ya, yah mayan lah, mungkin ini alesan mereka suruh reservasi karena di batasin gitu katanya yang bisa berkunjung ke sini baik camping atau ke restaurantnya biar ga terlalu penuh. Kemaren tenda kita lumayan di ujung yah, deket sama toilet dan tempat parkir mobil kita. Untuk tendanya sendiri lumayan gede, bisa muat 4 orang, dan bisa solat di bagian teras tenda. Untuk kamar mandinya sendiri ga terlalu banyak yah, kemaren kalo ga salah ada 4 atau 6 yah.. lupa haha. Yah pokoknya siap-siap aja buat antri. Kamar mandinya bersih, airnya banyak, ada water heaternya juga jadi bisa mandi kapanpun tanpa takut kedinginan, toiletnya juga udah toilet duduk. Kalo kalian butuh tempat duduk meja kursi gitu mereka ada sih neydiain tapi ga tau sebanyak apa, kemaren sih gw liat rata-rata pada pake ya, kemaren kita bawa kursi sama meja sendiri. Untuk listrik juga aman, saran gw kalian bawa kabel rol sendiri deh, disini juga sediain sih tapi mahal bgt sewanya, masa kabel rol 4 colokan gitu sewanya semalem 50rb haha. Abis nyusun barang-barang dan gelar meja dan kursi kita makan siang yang di beli tadi di luar, abis makan kita duduk-duduk sambil ngopi. Temen gw ada yang abis makan langsung tidur karena emang kan kita dari semalem belum tidur secara bener jadi yah wajar lah kalo pada ngantuk, tapi gw ga bisa sih, takut malamnya malah ga bisa tidur jadi gw tahan aja sampe malem haha. Kemaren cuacanya Qadarallah mendung ke hujan gitu sih, jadi kadang-kadang ada hujan dan kita grabak grubuk buat masukin barang-barang yang ada di luar tenda ke dalem biar ga keujanan. Sorenya Alhamdulillah cerah lagi walaupun masih agak mendung, gw memutuskan buat jalan-jalan ke cafenya buat liat suasananya gmana di sore hari, lumayan juga jalannya sekitar ya 5 menitan lah, dari camping ground ke cafe-nya dan pas sampe sana ternyata emang cakep sih, Bangunan hijau iconic dengan latar hutan pinus, cakep lah pokoknya. Abis foto-foto bentar gw balik lagi ke tenda, abis itu mandi trus duduk-duduk aja di kursi sambil menunggu magrib.
Abis isya kita masak buat makan malem, kita masak aglio e olio dengan udang hehe. Kemaren ikutin resep dari youtube gitu, overal oke sih rasanya juga ada haha. Salah satu paling menyenangkan pas lagi camping ini ya emang pas lagi masak-masak gini ya hehe. Abis makan malem ternyata kita di kabarin kalo kita dapet welcome drink dan snack gitu, yaitu segelas susu sapi segar dan satu jagung bakar perorang. Abis makan karena mata gw dah ga kuat dari semalem belum tidur jadi abis makan kita langsung tidur.
Paginya kita masak air dulu buat bikin kopi/coklat. Trus goreng tahu bakso, kemaren kita ga sarapan berat karena masih kenyang banget dari makan semalem, abis itu gw mandi duluan karena sepi dan biar seger juga sih. Abis gw mandi ternyata Rintik dan Langit si hewan alpaca itu lagi muterin tiap tenda buat kalo ada yang foto bareng, kemaren pas sampe tenda kita kita foto bareng sama Rintik dan Langit, lucu sih tapi tetep aja agak serem karena lumayan gede sepantaran lah tingginya, takut tiba-tiba ntar di seruduk atau di tendang wkwk. Tapi Alhamdulillah kemaren aman. Abis temen-temen gw pada mandi kita mulai nyicil packing, udah lumayan yang di packing, kita jalan ke Cafenya buat beli kopi dan foto-foto di sana hehe. Kemaren masih sepi bgt cuma ada 1-2 pengunjung tapi keknya juga mereka dari camping bukan yang emang pengen makan di cafenya, karena setau gw ya ada 2 waktu jadwal, pas breakfast, sama makan siang gitu jadwal buat yang mau makan di cafenya, kalo yang camping sih bebas ya mau kapan aja tapi untuk yang menu-menu khusus gitu tetep mesti preorder juga kalo ga salah H-1 yah. Tapi menurut gw harganya sih terlalu mahal ya menu makanannya padahal menunya sih standar aja ga terlalu yang wah. Kemaren kita pesen coffe signature mereka yaitu nama alpacanya, gw lupa pesen yang mana antara Rintik atau Langit, tapi menurut gw juga kurang sih, aneh rasanya ada syrup yang kurang banget di campur kopi dan susu gitu. Abis minum dan foto-foto kita balik ke tenda dan packing-packing masukin semua barang ke mobil, abis itu langsung checkout. Abis dari sini kita lanjut ke Pengalengan, tapi sebelum itu kita mau ke daerah Cihampelas lagi balik lagi ke tempat daging kemaren buat beli daging buat kita masak menu makan malam nanti hehe. Kemaren gw beli Sei sapi, rencananya sih mau makan Shin Ramyun dengan toping telor rebus dan juga sei sapi biar seimbang ada proteinnya juga haha

IMG_E0253

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone