Abis dari Cihampelas kita lanjut jalan menuju pengalengan, kemaren kita masuk tol pasteur ke arah tol soroja. Keluar tol soreang kita mampir dulu di salah satu resto sunda, di daerah deket pintu tol soreang emang banyak warung makan, kemaren kita makan di Warung Makan Dadakan Sunda 3 apa 2 gitu ya, lupa haha. Pokoknya arah mau ke pengalengan dan lumayan agak jauh dari keluar tol soreang. Selesai makan kita solat dzuhur dulu abis itu lanjut jalan. Kemaren pas berangkat cuaca di pengalengan Qadarallah hujan terus ya, dan banyak kabut juga. Untuk jalannya sih bagus udah aspal agak sedikit macet tapi masih aman lah dan di beberapa tempat kabutnya lumayan tebel, dan jalannya ga terlalu lebar jadi ya sabar aja jangan mendahului apalagi kalo rame.
Talaga Pinues ini lokasinya di kawasan hutan pinus Rahong, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jadi dari jalan raya pengalengan agak lumayan masuk, ntar kita lewatin kebun teh gitu, sayang kemaren full kabut jadi ga begitu keliatan tapi kalo cerah pasti indah banget viewnya. Sekitar jam 4an kita sampe di tempat parkirnya, tempat parkirnya lumayan luas buat mobil dan motor, harga parkirnya buat nginep semalem 50.000, jadi pastikan kalian bawa uang cash ya. Dari tempat parkir kita mesti jalan ke bawah menuju cammping groundnya, ga terlalu jauh tapi lumayan turun bgt sih, terasa bgt pas kemaren pulang karena lumayan bawa banyak barang-barang. Oiya gw kurang tau bisa minta tolong bawain barang-barang kita ga sama orang Talaga Pinues ya, kemaren sih bawaan kita lumayan banyak tapi kita bawa sendiri karena ada 3 orang juga. Harusnya sih bisa ya karena kalo di hotel juga pasti di bawaiin xixixi. Oiya disini juga banyak tempat camp lain ya, jadi disini emang tempat wisata gitu, sungainya sering di pake buat rafting, sepenglihatan gw ada sekitar 5-6 tempat camping lain disini. Pas sampe wah manteb sih ini viewnya MasyaAllah. Sungai, Hutan, Tenda-tenda, cantik lah pokoknya, trus ada yang lagi rafting lewat juga makin menambah vibesnya emang lagi di tempat yang berbeda. Kita langsung check-in dan abis itu langsung menuju tenda, kemaren kita booking tenda di no.8, tenda standard yang muat buat 4 orang, tendanya mirip sama kaya tenda di Tangkal Pinus kemaren tapi lebih gede dikit tenda di tangkal pinus kemaren, karena disini teras tendanya ga bisa buat solat. Untuk harganya kemaren itu Rp.650.000/tenda maksimal pertenda standard itu 4 orang, udah dapet breakfast pagi juga yah. Cakep sih harganya masih terjangkau ya, ga heran ini sering rame terus dan mesti booking jauh-jauh hari. Untuk fasilitasnya juga lumayan lengkap, toilet dan kamar mandinya banyak ada 10 kalo ga salah, ada musholanya juga, ada coffe shop juga. Cakep sih gw lebih prefer ini di banding tangkal pinus kemaren, tangkal pinus kemaren agak overpriced ya, viewnya juga biasa aja. Tangkal Pinus enaknya buat ke restonya aja sih haha.

Abis isya kita mulai masak-masak buat makan malem, sesuai rencana kita mau masak Shin Ramyun dengan topping telor dan Daging Sei sapi haha. Enak malem-malem dingin makan yang berkuah-kuah panas. Abis makan lanjut ngopi-ngopi sambil ngobrol dan abis itu tidur. Besok paginya seperti biasa bangun subuh trus lanjut solat, abis itu nongkrong di luar sambil bengong haha. MasyaAllah dingin bgt disini kalo liat di aplikasi itu sekitar 15 derajat. Sekitar jam 7an breakfastnya dateng, jadi kaya ada ibu-ibu gitu dia keknya supplier breakfastnya, breakfastnya di sajiin secara prasmanan jadi kita tinggal ambil sesuai keinginan kita, menunya sederhana kaya Nasi goreng, telor dadar, timun dan kerupuk dan dapet teh panas sama susu sapi segar. Enak breakfastnya, mau nambah tapi malu haha. Abis makan kita balik ke tenda, dan kebetulan karena hari ini hari senin dan gw ga cuti jadi ya buka laptop bentar buat ngurus kerjaan. Qadarallah masih ujan disini jadi mau explore jalan-jalan juga agak terhalang ya haha. Next lah InsyaAllah mau coba lagi ngecamp disini, semoga dikasih kesempatan dan rezeki sama Allah.. Aamiin.
Abis itu kita siap-siap, mandi, dan packing buat siap-siap checkout. Sekitar jam 11 kurangn kita checkout, nah ini yang tadi gw bilang baru berasa pas pulang dari Talaga Pinues menuju parkira mobil karena nanjak dan lumayan bawa banyak barang yang berat, ditambah ujan mau berhenti takut basah kuyup, ga berhenti ga kuat nafasnya wkwk. Abis naikin barang-barang ke mobil kita lanjut jalan menuju penginapan terakhir di daerah Ciwidey. Kemaren kita dari pengalengan ke Ciwidey lewat gambung, jalannya bagus, sepi (mungkin karena weekday ya), pemandangannya bagus dan indah kaya lewatin hutan gitu sama kebon teh, cantik pokoknya tapi ya itu Qadarallah cuacanya kurang bersahabat, jadi ga keliatan sempurna gitu ketutup kabut.

IMG_0292
IMG_0308
IMG_0311
IMG_0403
IMG_0307
IMG_0302
IMG_0323
IMG_0328
IMG_0322
IMG_0340
IMG_0347
IMG_0353
IMG_0356
IMG_0362
IMG_E0371
IMG_0367
IMG_0397
IMG_0369
IMG_0383
IMG_0392
IMG_0407
IMG_0416
IMG_0414

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone