Tanggal 7 November 2015 kemaren gw dan 3 teman gw bertamasya mengeksplore beberapa leuwi di daerah sentul bogor. Lagi hits sih tempatnya dan kebetulan ada teman gw yang ngajak kesana sekalian camping di Gunung Pancar yaudah akhirnya gw ikut hehe. Kita kesana naik motor dan jalan dari bekasi sabtu jam 3 pagi. Karena kita berencana camping sepulang dari leuwi-leuwi ini jadi bawaan kita lumayan banyak hiks. Sekitar jam setengah 5an kita istirahat dulu di masjid daerah sentul untuk solat subuh dan istirahat tidur sebentar karena malemnya ada beberapa dari kita belum tidur hiks.
Jam setengah 6 kita lanjut jalan lagi menuju tempat leuwi-leuwi ini, 2 temen gw yang ikut ini kebetulan pernah kesana jadi kita ga terlalu bingung mencari jalan dan kata temen gw jalan menuju kesana ini udah bagus diaspal, soalnya 4 bulan lalu temen gw kesini jalannya masih ancur.

IMG_2594IMG_2598

Sampai tempat parkiran daerah sana sekitar jam 7an. Untuk biaya masuk sepeda motor gw lupa tapi kayanya 5rb atau 10rb/ sepeda motor. Setelah parkir motor kita menitipkan barang-barang/tas kita di warung deket parkir sama ganti celana/baju persiapan untuk renang hehe.
Leuwi yang paling deket dari tempat kita parkir motor itu Leuwi Hejo tapi karena temen gw udah pernah kesana dan kata mereka biasa aja dan sangat ramai kita memutuskan untuk ke leuwi liyet/lieuk lewat leuwi cipet. Tracking menuju leuwi cipet ini lumayan berat, kita harus melewati jalan-jalan setapak yang nanjaknya beberapa agak vertical jadi lumayan menguras tenaga hiks. Sekitar 30 menit kita naik turun kemudian sampai lah kita di tempat pembelian tiket, perorang dikenakan 5000 rupiah, ga jauh di tempat pembelian tiket ini turun sedikit lagi sampailah kita di leuwi cipet, kebetulan kita dateng pagi jadi masih sepi orang-orang yang kesini. Jalur leuwi cipet ini merupakan jalur pintas bagi orang yang mau leuwi lieuk tanpa harus basah-basahan. Untuk yang mau lewat leuwi cipet sebaiknya tidak menggunakan tas yang mudah tembus air karena pasti basah soalnya leuwi cipet ini lumayan dalam dan kita harus menyusuri leuwi cipet ini untuk menuju ke leuwi lieuk.

IMG_2605
DSC_4669
DSC_4705

Setelah puas berenang-berenang di leuwi cipet kita jalan lagi menuju leuwi lieuk, kali ini trackingnya kita melewati sungai berlawanan arus air dengan banyak batu-batu besar jadi kita harus naik turun batu, lompat dari satu batu ke batu lain. kira-kira 15 menit akhirnya sampe di leuwi lieuk, leuwi lieuk ini lumayan rame karena banyak orang yang mau cliff jumping dan tempatnya agak kecil jadi harus ganti-gantian.

IMG_2614
IMG_2618
IMG_2615

Setelah itu kita memutuskan untuk ke leuwi paling ujung, namanya leuwi cibaliung. Track menuju kesana menurut gw berat banget ya, selain harus naik turun bukit kita juga harus lewat sungai dengan banyak batu-batu gede. Dan menurut gw cape bgt hiks.. tapi worthed sih kalo udah sampe sana.. Bagus dan sepi karena masih banyak yang blm tau, oiya di leuwi cibaliung ini kita sempet liat ada burung elang yang lewat hehe

DSC_4715
DSC_4727

Ini dia Leuwi Cibaliung setelah berjalan kurang lebih 45 menit dari leuwi lieuk.

DSC_4749
DSC_4751

Setelah puas berenang dan loncat-loncat di leuwi cibaliung akhirnya dengan berat hati kita pulang, yang bikin berat ialah memikirkan balik lagi keparkiran dengan track yang sama seperti kita dateng, ke leuwi lieuk dulu, abis itu luewi cipet dan kemudian jalan lagi ke parkiran.. Cape bgt yang ga kuat fisiknya gw saranin jangan ke leuwi cibaliung, kareng menurut gw tracknya sangat melelahkan walaupun tempatnya sangat bagus hehe

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone