Tanggal 27-28 Februari kemaren gw baru aja abis dari pengalengan, bandung selatan dan mengunjungi beberapa tempat wisata disana. Kali ini gw pergi sama 3 orang temen kantor, sebenernya kita udah lama sih ngerencanain buat jalan/traveling bareng udah setahun lebih kayaknya tapi karena banyak hal semua hanya wacana :’) tapi Alhamdulillah akhir februari kemaren tercapai juga cita-cita kita haha

Tadinya kita mau camping di Ranca Upas, ciwidey.. Tapi karena gw udah pernah dan pengen cari suasana baru akhirnya gw kasih saran camping di Situ Cisanti. Kenapa milih Situ Cisanti? jujur gw juga ga tau sih haha tapi ketika gw googling buat cari tempat camping di Bandung yang asik, dapet beberapa tempat tapi yang paling menarik perhatian itu Situ Cisanti hehe.. Kalo liat review blog-blog orang yang udah pernah kesana sih letaknya lumayan jauh dari bandung kota sekitar 1-2 jam, trus Situ Cisanti ini deket juga sama pengalengan dan ada beberapa tempat wisata disana jadi kita bisa sekalian mampir, trus liat gambar-gambarnya dari google atau blog-blog orang keren juga sih ada suasananya, semi hutan di kaki gunung trus ada danaunya, tiket masuknya juga murah, trus kita bisa bawa tenda sendiri ga harus nyewa :D

Kita mulai jalan dari Bandung itu abis solat subuh sekitar jam 5an, start di Rest Area KM.39 Cikampek, sebelumnya kita emang numpang istirahat disana sampe subuh hehe.
Karena masih subuh jalanan Alhamdulillah lancar biarpun weekend, sekitar jam 7an kita udah keluar tol di kopo, dari keluar tol kopo kemudian ambil kiri dan dari situ gw mulai menggunakan Google Maps :’)
Alhamdulillah sampe walaupun sempet nyasar dikit karena google maps suka ngasih jalan tikus bukan jalan utama hiks.. Sebelum ke situ cisanti kita ke beberapa tempat wisata dulu kayak ke Pemandian Air Panas Cibolang, trus foto-foto bentar di perkebunan teh malabar, abis itu ke Situ Cileunca, trus baru ke situ cisanti. Sebenernya gw salah sih itenary-nya kalo itenary gw itu bikin kita bolak balik karena Situ Cisanti ini jalannya searah ke Pemandian Air Panas Cibolang. Harusnya tuh itenary yang bener itu buat menghemat waktu itu ke Situ Cileunca dulu, abis itu ke kebun teh malabar, baru ke Pemandian Air Panas Cibolang, trus baru deh ke Situ Cisanti. Pemandangan menuju Situ Cisanti ini indah bgt, kiri kanan kebun teh, tenang lah suasannya haha

Kita sampe situ cisanti sekitar jam 5an, setelah parkir mobil dan bayar tiket masuk (tiket masuknya 15rb/orang) kita langsung masuk ke dalam buat cari spot untuk diriin tenda, karena udah mau malem trus udah gerimis juga, kita milih lokasi tenda yang deket-deket aja dan cari yang ada temennya haha, kebetulan sebelum kita dateng udah ada yang diriin tenda di situ, setelah memilih tempat yang asik buat diriin tenda, kita langsung coba diriin tenda, tapi karena ini adalah pengalaman pertama kita masang tenda akhirnya gagal hahahaha.. Untung ada tetangga tadi yang dengan sukarela untuk menolong kita mendirikan tenda. Alhamdulillah akhirnya berdiri juga tendanya hehe

Setelah tenda berdiri, kita balik lagi ke parkiran mobil buat ambil barang-barang yang diperluin sekalian solat magrib, oiya di situ cisanti ini ada musholla sama toilet juga, toiletnya ada 2 kamar, trus mushollanya juga kecil sih cuma cukup buat 3-4 orang. Tapi sayang ga ada listrik dan penerangan di toilet sama mushollanya jadi harus bawa alat penerangan sendiri kaya senter, lampu camping atau sejenisnya. Udara malem di Situ Cisanti pas kemaren kalo menurut gw ga begitu dingin sih tapi anehnya kalo gw napas dari mulut keluar asep kaya di luar negeri kalo lagi musim dingin haha..

Karena di luar hujan akhirnya kita batal buat bikin api unggun, tapi karena kita lapar akhirnya kita tetep masak buat makan malem, masaknya di depan pintu tenda karena biar ga kena ujan hehe
Menu makan malamnya, mie goreng, ayam bakar + sosis sama segelas gede kopi buat bersama.. Nikmat lah, Alhamdulillah pokoknya apalagi makan bareng beralaskan bungkus nasi hehe

Abis makan, rapih-rapih tenda buat siap-siap tidur, udah rebahan trus kita ngobrol ngalur ngidul, cerita gogon (gosip underground) di kantor, sampe akhirnya tidur pules bgt dan bangun-bangun jam 5 pagi..
Pas keluar tenda udah ga ujan, tapi masih gelap, kita liat-liat suasana subuh sambil regangin badan, dinginnya masih sama kaya kemaren malem dengan kalo napas mengeluarkan asap, tapi entah karena jaket gw yang tebel atau apa tapi gw masih merasa ga dingin huehehehe.

Ga lama abis liat-liat suasana pagi Situ Cisanti, liat sekeliling ternyata udah ada 2 tenda baru di belakang.. kemudian kita masak air buat bikin teh, trus abis itu kita balik lagi ke parkiran mobil buat ambil beberapa barang kaya tiker, hammock, tripod dan beberapa bahan makanan untuk masak nanti sama sekalian ke kamar mandi buat cuci muka dan sikat gigi. Abis itu kita balik lagi ke tenda, gelar tiker, pasang hammock dan masak.. Kebetulan temen gw ada yang udah rencana mau buat nasi liwet trus lauknya itu ayam bakar dan sosis, Alhamdulillah walaupun dia perdana buat nasi liwet enak juga dan abis ga bersisa haha :D

Abis makan kita istirahat sebentar, abis itu kita jalan-jalan muterin situ cisanti sekalian foto-foto hehe, tapi belum setengah kita muterin situ cisanti ternyata ujan turun dan lumayan juga ujannya buat basah jaket hikss, mau neduh ga ada tempat neduh akhirnya kita tetep jalan terus sampe balik lagi ke tenda, lumayan jauh juga muterin Situ Cisanti, tapi terbayar kok sama pemandangan dan suasananya hehe

Sampe tenda, kita maen kartu uno.. niatnya maen Uno sampe ujan berenti biar kita bisa packing tapi sampe jam 1 belum reda juga ujannya akhirnya kita mutusin nekat buat packing pulang.
Overall seru sih camping disana, viewnya indah bgt, tapi sayang kemaren kita lagi musim hujan jadi agak kurang asik juga sih hehe, pengen ntar kapan-kapan kesini lagi. ~

GOPR7407

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone