Weekend kemaren gw dan 4 orang teman kantor baru aja piknik ke Leuwi Hejo sama camping di Cibodas, kaki gunung Gede Pangrango. Abis balik kantor jumat malem kita nginep di salah satu temen yang ikutan juga, rumahnya dia ini di daerah Cijantung komplek Kopassus gitu. Sabtu pagi sekitar jam 6 kita jalan ke tempat tujuan pertama Leuwi Hejo.

Leuwi Hejo

Kenapa harus berangkat pagi? karena leuwi hejo ini tempat yang lumayan hits dan Sebelumnya gw udah pernah ke kawasan yang banyak leuwi disini pernah gw tulis juga di blog haha, tapi gw belum pernah ke leuwi hejonya waktu itu gw langsung ke leuwi cipet, leuwi lieuk, leuwi cibaliung. Nah Leuwi hejo ini lokasinya paling deket dari parkiran motor dibandingkan beberapa leuwi yang gw sebutin tadi. Jadi kalo siang udah pasti leuwi hejo ini banyak orang jadi ga asik buat menikmatinya #tsah hahah

Sampe lokasi itu sekitar jam 9an, Tiket masuknya itu bayar parkir 5rb/motor sama tiket masuk 15rb/orang, abis parkir motor kita dan nitipin beberapa tas di warung deket parkiran serta ganti baju yang siap basah trus kita turun ke leuwi hejo. Kebetulan sih kemaren pas dateng ga terlalu rame, beberapa lama setelah kita dateng baru tuh lumayan rame. Tempatnya lumayan sih kalo buat main basah-basahan haha, kemaren sayang lagi kenceng arus sungainya jadi harus hati-hati dan untungnya ada tali tambang yang diiket untuk bantu kita pegangan kalo misal kita mau nyebrang arus deres, trus kemaren ada yang orang jaga juga, mungkin karena arusnya deres jadi takut ada kenapa-kenapa hehe

Ga lama juga sih disitu, sekitar 1jam-an lebih, setelah puas maen air sekalian foto-foto kita balik lagi ke warung yang tadi kita titipin tas-nya. Abis bilas mandi sama ganti baju sama istirahat abis itu kita jalan lagi menuju lokasi selanjutnya CIBODAS!! hehe

Cibodas
Kita mulai jalan itu sekitar jam 1 siang kalo ga salah hehe, berhenti sebentar buat makan trus solat dzuhur trus lanjut jalan lagi, kita lewat jalan pintas lewat sentul ntar nembus-nembus itu di pertigaan gadog. Kebetulan pas kita kesana lagi dibuka one way untuk arah yang mau ke puncak pass, jadi enak ga begitu macet hehe

Ditengah jalan kita berhenti dulu di masjid at-tawun buat solat asar, abis solat kita lanjut jalan lagi tapi ga lama kita jalan tetiba hujan turun dengan deras hiks. Jadi kita harus tunggu dulu sampe hujan reda biar ga kebasahan hehe. Kebetulan kemaren temen gw ada yang nyasar juga lumayan jauh dari tempat perempatan cibodas jadi pas ujannya udah agak redaan kita jemput dia trus jalan lagi. Ga lama setelah masuk ke jalan arah cibodas/gunung gede kita nemu warung nasi jadi kita berhenti dulu buat makan sekalian solat magrib sama solat isya, sama nunggu hujan agak redaan dikit juga sih. Sekitar jam 8 malem kita putusin buat tetep nenda jalan ke atas. Sebenernya lokasi kita yang buat nenda itu beda ama tempat yang pengen pengen gw datengin karena ga ada danau dan bedalah pokoknya sama yang gw liat di blog-blog hehe tapi kalo dipikir-pikir bagus juga sih lokasi yang ini. Sepi ga terlalu rame, viewnya juga oke lah pokoknya hehe

Nama lokasi kemaren kita nenda itu Cibodas Golf Camp Ground, lokasi persisnya itu searah sama jalan masuk ke taman nasional gunung gede pangrango lurus terus aja ga jauh dari situ ada rumah gede, rumah itu lah aulanya, camp groundnya ada di depannya. Toilet, musholla, tempat mandi itu ada dirumah besar itu. Untuk biayanya kalo bawa tenda sendiri itu cuma 27500/orang. Abis bayar kita langsung cari spot enak buat diriin tenda, setelah mutusin mau nenda dimana baru deh diriin tenda sambil gerimis-gerimis hujan. View pas pagi bagus bgt kalo menurut gw, dengan pemandangan gunung gede yang masih bersih blm tertutup awan. Setelah masak untuk sarapan kayak mie dan kopi kita siap-siap buat jalan ke taman nasional gunung gede pangrango. Tujuan kita sih pengen ke Canopy Trail yang ada di kawasan itu, penasaran aja sih kaya gmana jembatannya hahah. Untuk biaya masuknya itu sekitar 40rb/orang tapi untuk kesana kita diwajibkan pake guide jadi ada tambahan biaya guide 50rb. Kenapa harus pake guide? karena selain untuk nunjukin jalan, pintu untuk masuk ke canopy trail ini dikunci dan guide ini bawa kuncinya. Dari tempat beli tiket kita jalan sekitar 10 menitan, pas sampe sana pertama emang agak serem sih hahaha. Jembatannya lumayan panjang dan pemandangan di bawahnya lumayan dalem dengan hutan-hutan hehe.
Konon katanya jembatan ini ditujukan buat para peneliti satwa-satwa yang ada di kawasan taman nasional gunung gede pangrango ini, tapi lama kelamaan dibuka untuk umum dengan syarat mereka harus menggunakan guide dari staf pengelola taman nasional gunung gede pangrango. Seru sih jembatannya akhirnya rasa penasaran itu sudah hilang hehe
Abis dari canopy trail, kita diajak ke air terjun ciwalen, ga jauh juga sekitar 5 menitan dari canopy trail, air terjunnya ga terlalu besar sih tapi lumayan juga, setelah puas foto-foto baru kita pulang hehe

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone