Tanggal 30 April kemaren, gw dan 2 temen kuliah dulu gw berwisata ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, sebenernya yang ngajak temen gw sih, gw kebetulan tanggal segitu ga ada acara trus liat tempat yang mau di datengin di google keren juga, yaudah akhirnya gw mengiyakan ajakan temen gw ini hehehe
Sebenernya temen gw yang ngajak ini juga ngajak beberapa temen rumahnya tapi ntah mengapa karena suatu dan lain hal temen rumahnya dia ini ga bisa ikutan, jadilah kita bertiga jalan kesana huehehehe

Gw berangkat dari rumah gw di bekasi sekitar jam 6an, niatnya sih berangkat jam 5 abis azan subuh langsung berangkat tapi apa daya bangun telat hikzz, gw janjian ama temen gw yang inisiator trip ini di margonda depok, sekitar jam 8an gw sampe dan ga lama abis itu kita jalan menuju bogor, temen gw satu lagi orang bogor, jadi kita janjian disana. sekitar jam 10.30an kita sampe tempat meeting point di bogor, trus ga lama kita langsung jalan ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi taman nasional halimun gunung salak ini di bogor, dimananya gw juga kurang tau, karena temen gw orang bogor yang nunjukin jalan kesana, dan kemaren gw ga ngapalin jalan juga hikzz. Yang gw inget kita lewatin gerbang kampus IPB (institut pertanina bogor) Dramaga, trus jalan kesana juga lumayan bagus sih, beberapa jelek tapi cuma dikit doang hehe

Sekitar jam 12.30an kita sampe di gerbang masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini, tiket masuknya satu orang sekitar 12.500 rupiah. Di gerbang masuk ini ada spanduk yang jelasin kalo disini tuh banyak curug-curug, ada sekitar 6 atau 8 curug, gw lupa pastinya berapa hehe.. ada camping ground juga trus banyak penginapan sama rumah warga juga hehe

Dari gerbang masuk ke tempat tujuan pertama kita curug goa lumut lumayan jauh juga sekitar 20 menitan lah, sampe lokasi parkir curug goa lumut kita jalan sedikit trus ga jauh dari tempat lokasi curug ada pos gitu yang minta uang masuk, perorang sekitar 7500. Ga jauh tempat bayar tiket masuk curug sampe lah kita di lokasi curug.. Beneran bagus curugnya, orangnya juga ga terlalu rame, bersih juga air sama sekitar lingkungan curugnya, ga sia-sia rasanya jalan jauh kesini karena emang beneran worth it hehe
oiya disini juga ada fasilitas kamar mandi (bayar 2000) sama musholla.
Pas udah masuk kolam, berendem sambil mandangin curug itu seperti disihir rasanya, betah lama-lama disitu hahaha

DSC_6764 edt

Ga lama juga sih kita disitu, setelah puas foto-foto, maen air, berendem trus kita naik lagi balik ke parkiran, kebetulan lokasi parkir kita ada warung yang jual indomie gitu, jadi kita sekalian makan siang disitu. Seporsi indomie + telor + nasi harganya 12rb

Ga lama abis makan kita jalan lagi ke lokasi berikutnya Curug Pangeran.. ga terlalu jauh tempatnya dari curug goa lumut sekitar 5 menit, tapi jalan kesana nanjaknya lumayan terjal dan jalannya juga berbatu-batu jadi harus hati-hati apalagi yang goncengan naik motor.
Sampe lokasi parkir kita jalan lagi ke curug sekitar 10 menit, sama kaya di curug goa lumut tadi, ga jauh dari lokasi curug ada yang minta uang masuk curug, satu orang 7500 rupiah.
Kebetulan pas kita sampe sana masih banyak orang jadi kita duduk-duduk dulu ngopi di warung deket curug. Abis ngopi kita ga langsung ke curug tapi keatas dulu, buat foto-foto asik juga tempatnya, di belakang warung ada jalan kecil, naik aja keatas ntar nemu sungai yang hulunya mengarah ke curug pangeran ini hehe

Lagi asik foto-foto tiba-tiba hujan deres, kita balik lagi ke warung buat neduh, lumayan lama juga ujannya sekitar 1 jam. Tapi ada berkahnya juga sih, orang-orang yang tadi rame di curug jadi pada naik trus udahan hahaha. Abis ujan reda baru deh kita turun ke curug, dan sepiii curugnya.. Alhamdulillah..
curugnya disini lebih kecil dibanding curug goa lumut tadi, tapi sama-sama bagus kok, enaknya kita bisa berenang sampe air terjunnya dan kemaren temen gw ada yang coba kesana kalo gw ga berani karena ga bisa berenang hahah, jadi gw cuma fotoin doang :’)

Jangan lupa follow instagram gw yak @nizarnizar hahah

A video posted by Muhammad Nizar (@nizarnizar) on

Puaslah sama perjalanan kali ini, beneran bagus-bagus curugnya, bersih juga, fasilitasnya juga lumayan lengkap. Dan tiket masuknya ga terlalu mahal juga da ga banyak pungli kaya di Leuwi hejo :D

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone