Ini post jalan-jalan pertama di tahun ini yang bukan di jabodetabek hahaha. Tanggal 20-24 April kemaren gw baru aja dari Karimunjawa dan Semarang.. Yeaaayy Alhamdulillahh bisa jalan-jalan :D. Sebenernya trip ini agak dadakan sih karena waktunya mepet bgt pas minggu besoknya lagi gw ke Belitung tanggal 28 April – 2 Mei. Yak,3 minggu terakhir di bulan april kemaren ada hari libur di hari jumat atau senin, jadi pas bgt momennya sayang kalo ga dimanfaatkan buat traveling hehe.
Seperti biasa gw diajak temen yang biasa emang kita sering traveling, total kemaren ada 7 orang (4 cowo dan 3 cewe), 6 orang emang kita udah pernah trip atau camping bareng, yang satu orang lagi baru ketemu kemaren dia temennya temen gw. Dan kebetulan yang arrange semuanya ini temen gw jadi gw tinggal ikut aja hehe. Sebenernya total di karimunjawa itu cuma 3 hari, trus sehari lagi kita di semarang hehe (bakal di post yang berbeda ya hehe)

Kita berangkat kamis malem sekitar jam 11an naik kereta api ke ekonomi dari stasiun senen ke stasiun semarang poncol di semarang. Oiya ini pertama kali gw naik kereta ke luar kota setelah 8 tahun atau 9 tahun yah gw lupa hahah. Selama hidup gw gw baru 2 kali naik kereta api dan ini yang ketiga kali gw naik kereta dan semua yang gw naikin ini kereta ekonomi hahah \m/. Pertama kali gw naik kereta api itu dalam rangka trip ke Bali sama temen-temen kontrakan pas dulu masih kuliah, dari stasiun senen kita ke surabaya abis dari surabaya kita lanjut lagi naik kereta ke banyuwangi dari situ baru naik bis ke Bali. Kita dulu naik kereta tujuannya buat ngirit tapi yah malah abisin waktu di jalan hahaha. Kalo naik kereta api kedua itu ke semarang, waktu itu temen gw jadi manager sebuah band screamo di Bekasi dan kebetulan di undang main di Semarang, trus gw diajak sama dia karena waktu itu gw lagi libur kuliah, yaudah akhirnya gw ikut aja. Dulu kereta ekonomi itu parah bgt, udah panas, ga bersih, pedagang-pedagang asongan masih boleh masuk ke stasiun-stasiun, ada juga pedagang yang masuk ke gerbong-gerbong kereta buat jualan ga peduli kalo gerbong udah penuh, orang-orang yang gapunya tiket bisa nekat naik kereta, kalo ga dapet tempat duduk pada yang duduk di lorong-lorong kereta bahkan sampe tidur juga, toiletnya juga ga bisa dipake karena ga ada air di toiletnya, menyedihkan lah pokoknya hahaha. Tapi Alhamdulillah kemaren pas gw ke naik kereta ke semarang udah sangat sangat sangat jauh lebih baik. stasiun lebih bersih, ga ada pedangan yang jualan di dalam stasiun atau peron kereta atau gerbong kereta, sistem ticketing juga lebih rapih, tiket bisa dibeli di beberapa situs ecommerce lokal (kemaren sih gw beli di traveloka), trus sekarang ada boarding pas mirip-mirip airport dan gampang juga buat cetak boarding pass-nya, trus kemaren walaupun naik ekonomi tapi udah ber-AC keretanya, udah manusiawi lah intinya hahaha. Cita-cita gw berikutnya pengen cobain naik kereta bisnis sama eksekutif :D

Tempat cetak boarding pass, tinggal input nomor booking code trus print boarding pass-nya
Boarding Pas kereta

Sampe stasiun semarang itu hari Jumat sekitar jam setengah 7 pagi. Kita ngopi sebentar di depan stasiun sambil nunggu mobil Uber kita dateng, ga lama uber kita hubungin kalo dia udah sampe tapi kita mesti jalan dikit beberapa ratus meter menjauh ke stasiun karena Uber ga diijinin ambil penumpang di depan stasiun. Dari situ kita jalan ke Pelabuhan kendal buat naik kapal ekspress dari pelabuhan kendal ke pelabuhan karimunjawa. Kapal yang kita naikin kemaren itu ekspress Bahari, harga tiketnya 150rb. Lama perjalanannya sih sekitar 3-4jam-an. Kemaren kita berangkat jam 10an kurang dari pelabuhan kendal dan sampe Pelabuhan karimunjawa itu sekitar jam 1 siang.
Pelabuhan Kendal
Full Team \m/

Hari Pertama

Sampe pelabuhan Karimunjawa, kita jalan sekitar 10 menitan ke homestay tempat kita bakal nginep selama di Karimunjawa, kebetulan yang punya homestay ini juga sekaligus jadi guide kita selama di karimunjawa. Sampe dihomestay kita makan siang yang udah disedian sama mereka, trus siap-siap ganti baju buat mulai berpetualang. Tujuan kita ini snorkeling di deket Pulau Menjangan Kecil, trus main ke pantai di pulau menjangan kecil, dari situ kita ke pulau menjangan besar ke tempat penangkaran hiu trus abis itu kita balik lagi ke homestay hehe. Dari homestay kita jalan ke pelabuhan karimunjawa buat naik kapal, dari situ kira-kira sekitar 20 menitan sampe tempat tujuan pertama kita snorkeling. Sampe sana udah ada beberapa kapal juga yang lagi snorkeling, kayanya emang ini tempat wajib buat didatengin kalo snorkeling di karimunjawa hehe. Dan emang bagus sih pas kemaren gw liat, walaupun gw masih pake pelampung ga kaya temen-temen gw yang lain yang udah lepas pelampung biar bisa nyelem tapi kemaren gw puas juga liat karang-karang, ikan-ikan dan pemandangan bawah laut disana. Bagusss..

Abis puas snorkeling trus kita ke pulau menjangan kecil, ga jauh sih dari tempat snorkeling tadi. Kita main-main, foto-foto di dermaga, pantai trus masak air panas juga buat bikin kopi (kebetulan temen gw ada yang bawa kompor camping gitu buat masak air kalo mau buat kopi, temen gw juga bawa alat buat grind biji kopi). Pulaunya ini sepi trus banyak kamar-kamar yang disewain kayanya sih ini pulau resort gitu, di pantai ada ayunan juga. puas main sama foto2 kita berangkat lagi ke pulau menjangan besar. Sekitar 15 menitan naik kapal dari pulau menjangan kecil ke menjangan besar. Di menjangan besar ini tempat penangkaran hiu-hiu, Hiunya sendiri masih kecil deh jadi ga terlalu berbahaya kayaknya kemaren gw juga coba turun ke kolam yang penuh hiu Alhamdulillah aman-aman aja hahah. Seru pokoknya disini. Bayarnya kalo ga salah 40rb/orang buat masuk ke kolam yang penuh hiunya. ntar dikasih pancingan yang udah ada umpan ikannya. Trus guide kita mainin pancingan dengan umpan tadi biar pada mendekat semua hiunya. Puas foto-foto sama main di kolam hiu kita balik lagi ke pelabuhan karimunjawa. Niatnya sih mau liat sunset di dermaga karimunjawa, tapi karena udah kesorean jadi ga begitu dapet sunsetnya, pas sampe sana mataharinya udah tenggelam atau ketutupan awan tinggal warna orangenya doang. Pas udah gelap baru kita balik ke homestay. Abis mandi, bersih-bersih kita jalan ke alun-alun karimunjawa buat makan malem. Alun-alun ini letaknya ga jauh dari pelabuhan karimunjawa tempat kita naik kapal buat snorkeling tadi. Jadi kalo malem tempat ini rame sama pedagang-pedagang makanan, ada banyak sih makanannya tapi waktu itu kita cobain seafood (ikan, cumi, dll). Puas makan dan kenyang kita balik lagi ke homestay buat tidur hehe

A post shared by Muhammad Nizar (@nizarnizar) on

Hari Kedua

Hari kedua, hari sabtu pagi kita udah siap-siap buat ke tempat-tempat indah yang ada di karimunjawa #tsah hahah. Sekitar jam 9an kita udah di dermaga nungguin kapal kemaren yang bakal bawa kita ke tempat-tempat di hari kedua ini. Sekitar jam 10an kurang kita mulai jalan ke tempat pertama kita, tujuan kita pertama itu snorkeling di Pulau Cilik, lama juga buat menuju kesana sekitar 1 jam-an. Oiya sebelum ke pulau cilik ini tadinya kita mau mampir ke pulau pasir namanya, jadi ada pulau gitu dengan pasir putih kalo air laut lagi surut, tapi sayangnya pas kita kemaren airnya lagi pasang jadi ga keliatan. Jadinya kita lanjutin perjalanan ke Pulau Cilik. Sampe sana masih sepi baru ada 1 kapal doang, 2 sama kita jadinya. Dan disini walaupun bukan di tengah2 laut dan hampir deket pulau cilik tapi tetep bagus pemandangan bawah lautnya, airnya juga biru jernih, tapi disini agak dangkal jadi harus hati-hati jangan sampe injek karang ya, kasian soalnya karangnya kalo diinjek hehe. Oiya di spot ini kita nemuin ikan nemo gw ga liat sih karena ga bisa nyelem cuma liat dari foto yang diambil temen gw hahah. puas snorkeling sama foto-foto di dermaga pulau cilik kita ke pulau ciliknya, kebetulan disini kita bakal makan siang, udah disiapin lah sama guide kita bawa dari sana mulai dari nasi, minum sama ikan, kalo ikan baru dibakar disini sama guidenya, karena tadi kita masih sepi jadi Alhamdulillah kita dapet spot buat gelar tiker, Sambil nunggu makan selesai kita main-main ke pantainya. Pantainya juga bagus, pasir putih, bersih, viewnya juga bagus, ada ayunan juga di pantainya. Abis makan, kita jalan-jalan ke pantai yang ada di belakang pulau, pulaunya kecil sih, jadi ga terlalu jauh kalo muterin pulaunya. Puas istirahat sama foto-foto di pantai, dermaga baru kita jalan lagi ke tempat selanjutnya. Yaitu snorkeling di spot anorak (kalo ga salah itu ya namanya hahah). Disini agak kurang sih dibanding dua tempat snorkeling kita sebelumnya tapi ya masih lumayan juga buat liat-liat hehe. Puas snorkeling, kita balik ke homestay. Sampe homestay itu sekitar jam 3an. Kita mandi trus siap-siap buat ke Bukit Love. Kita naik mobil yang udah di pesen sama temen gw. Sekitar 20 menit kita sampe di bukit Love. dan kemaren rame bgt hahah tapi masih asik sih bisa foto-foto sama nikmatin viewnya. Jadi Bukit Love ini semacam tempat wisata yang ada di daerah tinggi, viewnya itu laut lepas trus banyak tempat buat foto-foto disini, dan pas viewnya ini bisa liat sunsetnya, tapi sayang kemaren ga dapet sunset yang mataharinya bener-bener tenggelem bulet, karena ketutupan awan, tapi masih dapet sih cahaya-cahaya sunset. Puas foto-foto sekitar jam 6an kita dijemput lagi pake mobil tadi buat balik ke homestay, tapi kita ga jadi minta diturunin di homestay sih, jadinya minta diturunin di alun-alun, karena udah jam makan malem juga yaudah sekalian aja kita makan di alun-alun, makan kali ini kita bukan seafood, karena bosen juga dari kemaren ikan mulu, jadi kita pilih makanan lain selain seafood hahah. Abis makan malem, sebelum pulang ke homestay, kita mampir ke tempat oleh-oleh khas Karimunjawa namanya Dewandaru. jadi toko ini kaya distro gitu yang jual kaos, totebag, pin, gantungan kunci yang bertemakan karimunjawa, bagus kok kemaren gw liat dan pegang, baik design maupun bahan kaos, trus sablonannya hehe.

GOPR0497
G0340834
G0340835

Hari Ketiga

Ini hari terakhir kita di karimunjawa hikz, jam 11 nanti kapal kita berangkat dari karimunjawa ke pelabuhan kendal. Sebenernya agak beruntung sih karena tadinya tuh jadwal kapal berangkat jam 9, tapi kemaren pas temen kita nuker tiket ternyata dibilang kapal berangkat jam 11. Alhamdulillah deh bisa eksplore ke 2 tempat lagi di hari terakhir di karimunjawa hahah. Kebetulan kita udah pesen mobil pas semalem minta di anter ke Pantai Tanjung Gelam. Tapi sebelum kita ke pantai tanjung gelam kita ke Bukit Joko Tuwo dulu. Letaknya ga terlalu jauh dari homestay kita, jalan kaki sekitar 20 menit. Harga tiket masuknya 10rb/orang. Karena bukit jadi ya agak menanjak jalannya, lumayan sih tapi terbayar kok capenya pas udah sampe sana. Viewnya baguss, sebenernya ini mirip kaya bukit love kemaren banyak juga spot2 buat foto-foto. Bagus lah pemandangan dari atas sini. Puas foto-foto kita turun ke tempat pertama kita beli tiket masuk, karena kita janjian bakal dijemput sama supir yang kemaren kita sewa mobil buat anterin kita pantai tanjung gelam. Agak lumayan jauh juga sih tempatnya, tapi bagus kok pantainya, pasir putih, bersih, banyak warung-warung jual minuman/makanan juga di sana. Disini ada pohon kelapa miring yang menjadi primadona Pantai Tanjung Gelam hahah. Liat di blog-blog sih bagus pantainya buat sunsetan. Yah semoga lain kali kesini bisa liat sunset disini.. Aminn
Sekitar jam setengah 10 kita jalan balik ke homestay, kebetulan udah packing jadi pas sampe homestay tinggal siap-siap sebentar trus berangkat ke pelabuhan karimunjawa, kebetulan kita dianterin sama mobil tadi jadi yah lumayan mengurangi tenaga hahah. Sekitar jam setengah 11an kita masuk kapal. Seru pokoknya karimunjawa, bagus-bagus tempat wisatanya, orangnya juga ramah-ramah, yah semoga makin maju infrastruktur kotanya biar bisa memudahkan para wisatawan yang lagi berlibur disana. Kalo ditanya mau lagi gak kesana, pasti gw jawab. MAU!! :D

NB : Buat yang mau tau guide gw selama di karimunjawa kemaren, kita-kita sih manggil beliau, mas gungun, ini account instagramnya @tourguide.karimunjawa, langsung DM dia aja kalo mau nanya biaya, harga dll hehe

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone