Hari ini kita berangkat agak pagian, sekitar jam 6an kita udah pada siap, pihak homestay nyediain breakfast gratis tapi makanan ringan aja kaya roti bantal, atau kue-kue gitu, free kopi sama teh juga, abis makanin kue-kue kita langsung ke kapal buat berangkat, sekitar jam 7 kita mulai jalan, Tujuan pertama kita hari ini yaitu ke Maratua Paradise Resort, sekitar jam 8 kita sampe di Maratua Paradise Resort, emang khas bgt sih ini resortnya dari jauh kalian udah pasti bisa tau kalo ini Maratua Resort, air lautnya itu bener-bener biru tosca gitu di sekitar sini, dibagian yang lain air lautnya warna biru, di tambah pasir pantai putih, dan pohon-pohon kelapa di pantai, cantik lah pokoknya kombinasinya.
Maratua Paradise Resort adalah sebuah resor di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan. Pintu masuk menuju Maratua Paradise Resort adalah sebuah dermaga kayu, dengan sebuah dek pengamatan yang cukup luas. Dek pengamatan itu bisa digunakan para tamu resort untuk bersantai, menikmati lautan biru, menunggu sunset atau menyapa para ikan yang berenang bebas dibawah dek pengamatan. Atau, bisa juga langsung terjun ke bawah dek, dan berenang bareng ikan. Penginapan di Maratua Paradise Resort terbagi menjadi dua. Pertama adalah Beach Villa yang berlokasi di darat, tak jauh dari pantai. Kedua adalah Water Villa yang langsung berada di atas laut. Otomatis, kalau menginap di water villa Maratua Paradise Resort, itu berarti malamnya tidur di atas laut ditemani orkestra deburan ombak laut yang menenangkan! Untuk yang pengen menginap di Water Villa Maratua Paradise Resort, kalian tinggal merogoh kocek sebesar 1jt-an per malam dan per orang kalo ga salah, harga tersebut udah termasuk makan 3 kali sehari. Kalau untuk Beach Villa yang ada di pantai, kurang tahu juga harganya. Tapi keknya Beach Villa Maratua Paradise Resort harganya jauh lebih murah daripada water villa.
Walaupun Maratua Paradise Resort ini penginapan, tapi ternyata ga privat sih, jadi orang-orang lain yang bukan pengen nginep disini bisa mengunjungi resort ini dan berjalan-jalan bebas ke manapun mereka mau, kalo ga salah kemaren kita bayar seorang itu 50rb, udah termasuk dapet welcome drink (kopi atau teh) sama biskuit2 gitu, yah mayan lah daripada cuma bayar doang ga dapet apa-apa hahaha. Karena semua orang bebas berkunjung ke Maratua Resort ini jadi kesannya villa ini kurang ekslusif sih kalo menurutku :(
Kasian orang yang bayar mahal-mahal tapi ga bisa dapetin privacy atau ketenangan karena banyak orang yang dateng, apalagi kalo lagi high season rame bgt ini tempatnya, kemaren kita aja rame bgt, banyak rombongan gitu, ada yang open trip atau privat trip, keknya emang Maratua Paradise Resort ini salah satu tempat itenary orang yang ke Derawan. Kalo gw ditanya mau nginep disini apa ngga, ya walaupun bagus bgt view-nya water villa tapi kalo orang-orang yang dateng serame ini mending cari resort yang lebih sepi sih hehe
Puas jalan-jalan di sekitar Maratua Paradise Resort, kita balik ke kapal buat jalan lagi ke tujuan selanjutnya yaitu, Hidden Lagoon Di Pulau Kakaban.

DSCF7220
IMG_2939
DSCF7118
DSCF7236
DSCF7232
DSCF7239
DSCF7286
DSCF7325
DSCF7336
DSCF7351
DSCF7383
DSCF7402
DSCF7445
DJI_0094
DJI_0096
DJI_0100
DJI_0122
DJI_0115

Sekitar jam 10an lewat kita sampe di Hidden Lagoon atau nama sini-nya itu Kehe Daing. Kehe Daing adalah laguna yang artinya lubang ikan, lokasinya katanya di bagian belakangnya Pulau Kakaban gitu, Disini ga ada dermaga jadi langsung pantai gitu, pantainya juga bukan pantai pasir putih halus gitu tapi pecahan batuan karang, makanya mending pake sendal biar aman, pantainya sendiri memang berupa tebing. Ada dua cara untuk menuju Kehe Daing, pertama naik tangga kayu atau melalui terowongan. tapi kalo mau lewat terowongan cuma bisa dilalui saat air laut surut, Kemaren gw pilih jalur naik tangga, trus jalan dikit sebentar, sampai lah di laguna Kehe Daing, cantik bgt lagunanya, pasir putih, airnya berwarna hijau toska dan di tengahnya berwarna biru. Airnya juga jernih dan asin. yaiyalah kan laguna ini masih tersambung ke laut, lewat terowongan yang tadi pintu masuk itu. Di sekitar lagunanya, adalah hutan belantara. Masih alami lah suasananya. Lagunanya juga lumayan gede. Puas berenang dan explore laguna sampe ke ujung kita makan siang dulu dengan lunchbox yang kita bawa dari homestay, abis makan kita lanjut ke tempat selanjutnya yaitu ke Pulau Sangalaki.

DSCF7511
DSCF7514
DSCF7455
DSCF7457
DSCF7461
DSCF7474
DSCF7497
DJI_0127
DJI_0132
DJI_0136
DJI_0146
DJI_0154
DJI_0170
DJI_0175

View this post on Instagram

A post shared by Muhammad Nizar (@nizarnizar) on

Sekitar jam 2an lewat kita sampe di Pulau Sangalaki, Pantainya pasir putih bersih, dengan air di pantainya biru cantik bgt, abis turun dari boat kita jalan sekitar 5 menit ke tempat penangkaran penyu, disini ada rumah gitu yang ditinggali oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur. yang ngurusin penangkaran penyu ini, di deket rumah ini ada kolam kecil gitu yang di dalem-nya banyak anak-anak penyu, ga liat penyu yang gede-nya sih tapi kemaren kata petugas disana anak penyu di kolam ini boleh kita pegang dan kita angkat hehe. Abis liat penyu kita main-main di pantai, di bawah pohon teduh, sambil gw nerbangin drone, kalo liat dari atas via drone ini, pulau Sangalaki ini ga begitu gede sih, sekitar jam 3an kita balik ke kapal buat ke tempat selanjutnya yaitu snorkeling di Taman Si Billy.

DSCF7517
DSCF7518
DSCF7526
DSCF7524
DSCF7530
DSCF7533
DSCF7541
DSCF7563
DJI_0190
DJI_0197
DJI_0204
DJI_0221
DJI_0224
DJI_0231

Taman Si Billy ini salah satu spot snorkeling terkenal di Derawan ini, disini karang-karang serta ikan-ikan di bawah lautnya bagus-bagus, dan luas juga pemandangan karang-karang bawah lautnya, kemaren karena arusnya kenceng bgt, gw sampe ke bawa arus menjauh dari kapal boat, Alhamdulillah di tolongin temen di tarik sampe ke kapal, udah agak panik juga karena coba berenang ga bisa-bisa karena air lautnya masuk ke mulut sama ke hidung. Karena air bawah lautnya sama ombaknya kenceng jadi ga lama kita disini, trus kita cabut ke tempat selanjutnya dan terakhir untuk hari ini yaitu Pulau Gusung Sanggalau buat sunsetan disana.

G0236000
G0256036

Sekitar jam 16:30 kita sampe di Pulau Gusung Sanggalau, Jadi Pulau Gusung ini letaknya ga jauh dari Derawan, dari sini kita bisa liat pulau derawan, Pulau Gusung Sanggalau ini merupakan pulau ga berpenghuni karena emang disini cuma pulau pasir timbul aja, kalo air laut lagi surut dia bakal keliatan, kalo lagi pasang dia bisa ketutupan air laut, mestinya sih pulaunya gede yah, tapi kemaren pas gw kesana pulaunya itu kebagi dua, jadi ada dua pulau timbul gitu, mestinya kalo lagi surut ini bakal menyatu, kemaren kita berhenti di salah satu pulau timbul, ternyata rame bgt dan ada yang jualan di disana, jual minuman sama makanan ringan gitu, trus liat pulau timbul satu lagi yang agak sepi kita minta pindah ke sana, dan akhirnya kita pindah ke tempat yang satu laginya sampe sunset disini. Puas foto-foto dan menikmatin sunset kita balik ke homestay di Derawan, seperti biasa abis mandi dan beres-beres, malemnya kita makan bareng di salah satu warung makan di derawan.

DSCF7570
DSCF7573
DSCF7577
DSCF7606
DJI_0235
DJI_0241
DJI_0244
DJI_0246
DJI_0250
DJI_0262
DJI_0259
DSCF7611
DSCF7614

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone