Seperti hari kemaren kita bangun pagi-pagi, packing barang-barang, trus sarapan (oiya hari ini kita mesen sarapan nasi goreng, mayan 20rb, enak juga kok tapi hehe). Hari ini rencananya kita checkout dari homestay, karena kita mau ke daerah talisayan, salah satu object wisata di deket Talisayan itu ialah Danau Labuan Cermin, udah tau lah ya kek gmana danau labuan cermin, udah hits pokoknya di instagram atau media social, selain itu disana juga Whaleshark-nya, berharap kita bisa liat langsung dan berenang bareng whaleshark (sotoy nizar padahal ga bisa berenang wkwk), Jadi itenary hari ini ialah, ke Pulau Manimbora, trus ke labuan cermin, abis itu cari penginapan di Talisayan.
Lokasi dari derawan ke talisayan katanya lumayan jauh, makanya kita mutusin buat cari penginapan aja di deket2 sana, sekalian pagi-pagi buta-nya kita mau hunting whaleshark, walaupun kata mas-mas orang derawan disana udah berapa hari ini bagan-bagan lagi ga cari ikan karena lagi musim apa gitu gw lupa haha. Tapi walaupun gitu kita tetep lanjut sesuai itenary dan plan sambil berdoa dan berharap :D

Sekitar jam 7an lewat kapal kita mulai jalan ke tujuan pertama kita yaitu pulau manimbora, oiya hari ini ada tambahan awak kapal buat nemenin pak guide kapal kita, mungkin buat bantu-bantu beliau kaya biar bisa ganti-gantian jaga kapal keknya hehe. Dan sekitar jam 9:30an kita sampe di pulau manimbora, pulau manimbora ini pulau tidak berpenghuni, dan kemaren pas sampe sana ga ada pengunjung lain jadi cuma ada kita aja, dan Alhamdulillah terik sekali matahari-nya, jadi jangan lupa pake sunblock atau apapun bagi kalian yang takut hitam :D Di pulau ini, kita akan disuguhi pantai berpasir putih, pohon-pohon kelapa di tengah pulau, air laut berwarna biru toska dan diselingi gulungan ombak kecil. Saat air laut surut, hamparan pasir putih akan memanjang ke tengah laut dengan laguna di tepinya. Di hamparan pasir tersebut kita bisa foto-foto dengan latar belakang birunya air, yang seakan-akan kalo kita lagi berdiri di laut lepas. Ukuran pulau ini juga nggak luas, jadi palingan cuma perlu waktu 15 menit saja untuk mengelilingi pulau ini. oiya banyak yang bilang kalo ini mirip kaya pulau-nya spongebob, cantik lah pokoknya pulau ini, dan wajib masukin tempat ini ke itenary kalo kalian mau ke Labuan Cermin via laut, karena emang searah hehe. Oiya di pulau ini juga ada sisi mistisnya, disalah satu bagian pulau terdapat tumpukan tulang belulang manusia yang entah kerangka siapa. Ada pula papan seperti nisan yang terbuat dari kayu berada tidak jauh dari tumpukan tulang belulang tadi. trus di sisi lain ada juga bangunan sebuah pusara yang diberi kelambu berwarna kuning, disekelilingnya juga dipagar kayu. Kalo kata pak guide kapal kita, jadi para nelayan yang lagi melaut trus meninggal di perjalanan katanya banyak yang dibawa kesini, ga tau juga sih bener apa ngga, tapi kemaren kita ga dibolehin buat snorkeling di sekitar sini katanya takut pas snorkeling liat tulang belulang manusia :( Puas foto-foto dan karena panas terik sangat menyengat, kita balik ke kapal dan lanjutin ke tempat selanjutnya yaitu Labuan Cermin.

DJI_0287
DJI_0359
DJI_0362
DJI_0365

Sekitar jam 12an kurang kita sampe di desa biduk-biduk, kapal kita parkirin di dermaga, dermaga ini yang merupakan pintu masuk menuju Labuan Cermin. Jadi di sini, kita harus menyewa kapal kecil yang akan mengantar kita ke Labuan Cermin yang ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Gw lupa berapa harga sewa kapal-nya dari dermaga ke Labuan Cermin trus balik lagi, yang pasti di dermaga situ udah di koordinir kalo mau sewa kapal, jadi ga bakal berebut pokoknya, harus antri sesuai urutan siapa duluan yang pesen hehe.
Perjalan ke Labuan Cermin kaya lewatin sungai gitu, trus pas sampe di Labuan Cermin, seperti berada di tempat berbeda. Danau-nya sendiri ga begitu luas, tapi asri bgt dikelilingi pepohonan hutan hijau, mungkin karena ini kali ya warna airnya kaya warna hijau gitu mungkin karena pantulan pohon-phon di keliling-nya, pokoknya bikin pengen segera nyebur pas udah sampe sini. Sampe di sana kita turun di dermaga kecil, abis itu kita naik keatas buat makan siang lunchbox dari homestay derawan, abis makan baru kita turun lagi ke dermaga, sebelum nyebur dan berenang kita mau foto-foto dulu di tempat instagrammable Labuan Cermin, kita naik kapal yang tadi dulu buat menuju lokasi foto (oiya buat foto ini kita mesti bayar lagi tapi gw lupa bayarnya berapa hehe), lokasinya di pojok danau gitu, sebenernya kalo yang bisa berenang bisa langsung ke tkp sih, tapi karena foto yang hits disini itu kita lagi duduk di kapal sambil pemandangan beningnya air yang keliatan bawah lautnya, jadi ya kita pake kapal buat menuju kesana hehe kemaren karena kita orangnya banyak ada 5 orang jadi ganti-gantian fotonya, jadi misal 3 orang turun, 2 orang di kapal, satu orang di kapal jadi object foto, satu orang lagi yang dikapal ngumpet bareng abang kapalnya, jadi biar kapalnya ga jemput bolak balik, biar cepet juga hehe, tapi Alhamdulillah kemaren ga begitu rame yang foto, jadi agak santai lah fotonya hehe kemaren kita di redirect sama abang kapalnya sih, seru lah pokoknya. Puas foto-foto dengan berbagai macam gaya kita balik ke dermaga dan nyebur. Beneran seger ini danau-nya betah lah lama-lama berenang disini. Danau labuan cermin ini dikelilingi bukit yang bersebelahan langsung dengan laut. mungkin karena ini kali ya yang buat danau ini memiliki rasa tawar di bagian atasnya, dan terasa asin di kedalaman 3m. dan dikenal sebagai danau dua rasa. Sekitar jam 3an kita balik ke dermaga dianterin kapal kecil berangkat tadi, sampai di dermaga jajan sebentar, abis itu ke kapal boat kita buat menuju ke talisayan, kita belum dapet penginapan jadi makanya jangan terlalu malem juga sampe sana biar bisa cari-cari penginapan hehe. Sampe di dermaga talisayan, 2 temen gw beserta pak guide kapal cari penginapan, 3 orang lagi nunggu di kapal, ga lama kemudian mereka balik dan bilang udah dapet penginapan, yaudah kita bawa tas-tas kita menuju penginapan, ga jauh sih dari dermaga, sekitar 15 menitan lah. Penginapannya juga biasa sih, bukan hotel gitu tapi mirip kaya kamar kos-kosan, ada AC, kamar mandi dalem, ada tv juga walaupun tv-nya masih tv tabung hehe. Abis mandi dan beres-beres, malemnya kita makan ga jauh dari penginapan. Suasananya pemukiman disana bener-bener beda pokoknya, susah juga jelasinnya bedanya kek gmana hahah. Abis makan kita balik ke penginapan buat istirahat… Tidur karena besok kita mesti bangung subuh-subuh buat hunting whaleshark.

DJI_0380
DJI_0392
DJI_0369
DJI_0374

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone