Pas hari keberangkatan itu gw masih ke kantor, karena ngiranya emang gw ngiranya flightnya jam 23:00 WIB wkwk dan ternyata gw salah :(. Sekitar jam 3an lewat temen gw whatsapp nanya hari ini ngantor apa ngga, trus mau berangkat dari rumah jam berapa ke bandara karena siapa tau bisa bareng ntar ketemuan di pool damri. Gw dengan polosnya bilang masih di kantor, dan kemungkinan abis ashar lah baru balik dari kantor, palingan jam 7 udah sampe di damri, abis itu gw langsung di telepon sama temen gw wkwk, pas di telpon gw bilang kan bukannya pesawatnya flight jam 23:00 ya? trus dia kaget dan bilang bukan, pesawatnya flight 19:55 WIB, masih dengan ga percaya gw buka email liat e-ticket dan ternyata bener dong :(
Yaudah abis di telpon itu gw langsung buru-buru balik, cuma ijin ama temen sebelah bilang mesti balik kerumah, karena udah mau resign juga sih jadi lumayan agak bodo amat haha ga juga kok, emang pas kemaren mau resign itu gabut bgt ga ada kerjaan, cuma bantu2 temen aja di projectnya.Lumayan ngebut tuh kemaren dari kantor MNC di kebon sirih sampe ke rumah gw di Bekasi Timur, karena masih jam 3an juga jadi Alhamdulillah masih belum begitu macet, sekitar jam 4an lewat gw dah sampe rumah, kebetulan semalem udah packing jadi ga perlu packing lagi. Dan kebetulan pas kemaren ada ade gw, jadi minta tolong buat anterin langsung ke bandara. Sekitar jam 5an kita baru jalan dari rumah, ekspetaksi sih cuma sejam ya kalo naik mobil dari rumah ke bandara kalo ga macet karena gw pernah dari bandara ke rumah cuma sejam-an tapi emang kondisinya emang ga macet. walapun jam pulang kerja ekspektasi gw sih ga macet ya karena kita ke arah jakarta, biasanya yang macet itu malah yang arah ke cikampek/bekasi, tapi gw salah dong, macet bgt Ya Allah :(
Stuck di tol dalem kota, sering bgt ga jalan dan berhenti aja gitu, ga ngerti ada apaan kayanya kaya di tutup gitu, mungkin ada presiden/tamu negara yang mau lewat, kesel dan sedih dan pasrah. Sekitar jam 6.30 masih di tol dalam kota yaudah pasrah deh keknya ga bakal ke kajar, gw kasih hp ke ade gw, minta tolong cariin tiket lagi ke Kuala Lumpur yang berangkat malem itu juga, dan akhirnya gw pesen tiket AirAsia, abis itu gw telpon temen gw bilang keknya gw bakal keburu tapi gw udah beli tiket pesawat AirAsia yang flight jam 21:15 dan bilang ntar ketemuan di KLIA aja. Sekitar jam setengah 8 baru sampe kawasan bandara, langsung ke terminal 2, trus gw langsung check-in sama naro bagasi, abis itu baru sadar gw ga megang duit Ringgit sama sekali, semua duitnya masih dititipin di temen gw, karena emang baru siang tadi dia ke money changer buat nukerin duit, tapi karena sempet liat artikel-artikel kalo bisa ngambil duit di atm-atm disana jadi masih agak tenang karena temen gw kan sampe duluan jadi mestinya gw cuma perlu komunikasi aja ama dia, kebetulan pas di bandara soekarno hatta ada yang jual sim card buat internetan di luar, gw beli aja yang buat di malaysia, lupa berapa harganya walaupun akhirnya ga kepake :(, karena abis beli itu gw juga browsing2 di internet gitu buat koneksi internet di Malaysia dan ternyata Telkomsel punya paketnya buat internetan di negara-negara luar terutama Malaysia, akhirnya beli juga dan ini yang jadinya kepake, karena ga perlu keluarin sim card lagi hehe. Sekitar jam 8an disuruh masuk ruang tunggu, abis itu ga lama boarding deh

Sekitar jam 9an pesawat terbang, dan sampe di KLIA sekitar jam 12an, abis ambil tas di bagasi, check imigrasi trus abis itu coba chat dan telponin via whatsapp temen gw ga bisa2, kekirim sih tapi cuma satu checklistnya, apa temen gw belum beli sim card atau gmana ga paham juga, agak panik juga sih wkwkwk. Coba ambil duit di atm deket situ tapi ga bisa, makin panik wkwkwk. Baru pertama kali ke luar negeri dan sampe di bandara sendirian, kemaren waktu ke Bangkok bareng temen-temen jadi ngikut aja wkwk. Untungnya masih di Malaysia yang bahasanya masih mirip kaya di Indonesia :’). KLIA ini bandara yang lumayan gede, mirip kaya mall banyak toko-toko kaya Uniqlo, H&M, dll. kalo gw ga keluar dari imigrasi mungkin gw ga tau ini masih kawasan bandara wkwk, Ga lama kemudian handphone gw bunyi dan ada chat dari temen gw nanyain lagi dimana, gw bilang di deket H&M, dan akhirnya kita bertemua juga, lega rasanya :’) Ternyata kalo Malaysia Airlines itu sampenya di Terminal 1 KLIA, kalo AirAsia di Terminal 2 KLIA, dia naik kereta bandara ke KLIA 2, dan baru beli sim card tadi. Karena udah malem banget yaudah akhirnya kita langsung cabs naik kereta Bandara ke arah Kuala Lumpur, Kereta bandaranya sih mirip ya kaya kareta bandara (gw baru pernah naik kereta bandara Medan sih, kalo yang jakarta belum pernah mestinya sama ya), abis itu turun di stasiun KL Sentral, dan setelah turun di stasiun langsung pesen grab buat ke hotel cosmo, sampe hotel kita check-in masuk kamar trus istirahat karena besok pagi-pagi kita udah harus checkout lagi.
Besok paginya abis mandi dan packing kita turun buat makan pagi, makanannya juga lumayan enak kok, dan banyak pilihan juga dan prasmanan jadi bisa bebas ngambil haha. Abis makan balik lagi ke kamar buat ambil tas abis itu kita turun kebawah buat checkout, hari ini rencananya kita mau ke Melaka, dan abis dari melaka kita langsung check-in di penginapan yang kita booking di airbnb jadi mau gamau tas juga kita bawa

Dari Hotel kita pesen Grab menuju ke Terminal Bis TBS (Terminal Bersepadu Selatan), perjalanan dari hotel ke TBS sepi ya tapi pas sampe terminal ternyata macet bgt menuju pintu masuk karena mobilnya pada drop-in penumpang :( Ga tau emang tiap hari jumat rame gini apa emang karena besoknya hari sabtu itu libur karena tahun baru china, pokoknya penuh bgt deh tuh terminal. Apalagi yang ngantri beli tiket panjang bgt, kebetulan kita udah beli tiket busnya online via redBus, jadi harusnya tinggal tukerin, jadi kemaren abis di drop sama grab dan karena udah mau telat juga jadi kita bagi tugas, gw yang nukerin tiket dan temen gw yang titipin tas gitu, udah dapet tiketnya tapi tas-nya belum di taro, karena ga ada uang receh, yaudah gw ke supermarket deket situ dulu buat beli sesuatu berharap ntar uang kembaliannnya receh, Jadi di terminal TBS sana tuh, sistem penitipannya mandiri gitu otomatis, jadi ada banyak (apa ya namanya kabinet/kotak gitu berjejer) kita tinggal masukin duit ke salah satu alat disitu abis itu set pin (ada yang pake pin ada juga yang pake scan mata) harganya juga tergantung besar kecilnya kabinet yang kita sewa, dan itu berlaku sehari ya kalo ga salah, kemaren kita ambil kabinet/kotak yang lumayan gede karena buat kita bedua jadi satu gw lupa harganya sekitar 20 atau 15 ringgit. Abis taro tas dan waktu itu udah 15 menit lagi sebelum keberangkatan bis yang kita naikin yg berangkat jam 9:30, temen gw ternyata sakit perut dan butuh ke toilet dan akhirnya kita batal untuk naik bis tadi, hangus lah tiket kita :(
Abis dia selesai dari toilet, kita cari lagi tiket di redbus, ternyata udah ga ada yang available dong, mau ga mau mesti antri beli tiket manual, karena temen gw merasa bersalah gegara dia tiket bis kita hangus akhirnya dia memutuskan untuk ngantri dan membeli tiket ulang dan tiket gw dibayarin juga hehe. Lumayan juga ngantrinya, panjang antriannya, sekitar sejam-an ada kali ya. Alhamdulillah masih dapet tiket bis ke Melaka, abis dapet tiket bis, kita beli roti-rotian buat bekel naik bis ntar, abis beli roti, kita jalan turun ke tempat menunggu bis, bis sih standard bis antar kota antar provinsi yang mirip di indonesia ya wkwk, tapi kalo untuk terminalnya emang gw akuin mantab bgt, gede bgt terminalnya, walaupun terminal bis tapi mirip kaya airport, gatenya banyak buat naik tunggu bis, buat traveller yang bawa tas/bawaan banyak ga ribet karena bisa dititip tas-nya secara mandiri, dan aman juga, udah gitu rapih, bersih, di lantai 2 banyak tempat makan kalo bisnya ternyata masih lama, dan semua bis jalannya tepat waktu juga, kalo emang udah jam-nya berangkat pasti berangkat dan yang belum dateng ya pasti ditinggal. Sekitar jam 11 bis kita dateng, langsung naik abis itu berangkat

Kemaren di bis ga terlalu merhatiin jalan, karena sempet tidur juga hehe, tapi yang pasti jalan di Malaysia juga udah rapih dan lebih bagus disana daripada di Jakarta, sekitar jam 12.30-an kita sampe di terminal Malaka Sentral, Terminal-nya ga terlalu gede, tapi tetep terorganisir rapih, semua ada gate-nya buat tiap keberangkatan/kedatangan, karena udah mau salat jumat juga dan udah jam makan siang juga, jadinya sebelum keluar terminal kita mampir dulu beli Subway di take away buat makan siang, selesai beli subway kita ke pesen grab buat menuju ke Masjid Selat Melaka, Malaka ini merupakan salah satu kota bersejarah yang terletak di sebelah selatan Kuala Lumpur, Kota ini menyandang “World Heritage City” dari UNESCO. Suasana kota-nya juga masih dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua peninggalan Portugis, rapih pokoknya kotanya. Di perjalanan kita ngobrol sama supir grab-nya yang orang Malaysia dan katanya dia pernah sekali ke Bandung, dan pengen lagi katanya datang ke Indonesia terutama Bandung.
Sekitar jam 13.30 kita sampe di Masjid Selat Melaka, abis solat Jumat, kita duduk-duduk di sekitar masjid sebelah kanan sambil foto-foto. Masjid Selat Melaka ini masjid terapung gitu di selat malaka, masih di pinggirnya ga tengah-tengah laut bgt hehe, Masjidnya warna putih, dengan kubah warna emas, ada satu menara tinggi juga di deket masjid warna putih. Cantik masjidnya, dan view-nya juga manteb sih langsung laut gitu kan.
Puas foto-foto disana kita ke warung yang ada di sebelah kiri masjid buat beli minum, abis minum dan puas foto-foto kita keluar masjid dan langsung pesen grab lagi buat ke jonker walk, Sekitar 15 menit kita sampe di Jonker walk, kalo Jonker walk ini lebih ke wisata belanja, kuliner sekaligus wisata bersejarah juga sih, karena di kawasan ini banyak toko-toko dan juga bangunan-bangunan tua bersejarah, kaya di deket situ kawasan yang bangunan-bangunannya berwarna merah kaya Stadthuys, Christ Church Malaka, dan yang buat kota ini makin cantik karena ada Malaka River, Sungai kecil gitu dan kadang ada kapal boat yang bawa para wisatawan menelusuri sungai ini.
Lumayan lama juga kita disini jalan-jalan menulusuri jalan-jalan, gang-gang , masuk toko keluar toko, jalan di pinggiran sungai melaka river, seru pokoknya jalan di daerah Jonker Walk, sayang ga sempet menikmati suasana malem harinya, harus nginep semalem kayanya ya kalo mau menikmati suasana malam harinya, katanya disana ada Jonker Night Market gitu kalo malem hari, banyak kuliner-kuliner enak. Tapi karena kita harus balik ke Kuala Lumpur jadi sekitar jam 6 sore kita pesen grab lagi buat balik ke terminal Sentral Malaka, Sekitar jam 6:45 kita sampe terminal, Sebenernya kita juga udah beli tiket pulang pas masih di jakarta kemaren via online karena jam-nya udah lewat dan kita emang sengaja mau cancel karena mau stay lebih lama tadi jonker walk jadi kita harus beli tiket baru buat pulang, abis beli tiket kita cari makan dulu buat di bungkus buat makan ntar, kalo temen gw langsung makan sih pas diruang tunggu bis, gw emang rencananya mau makan ntar aja di bis, tapi pas mau naik bisa kata kondekturnya ga boleh makan di bis :( Jam 8an bis kita mulai jalan menuju Terminal Bis TBS (Terminal Bersepadu Selatan)

Sekitar jam 9 kita sampe di Terminal TBS, sampe terminal langsung ambil tas, abis itu langsung pesen grab lagi ke tempat yang bakal kita tinggalin sampe ntar hari terakhir di Malaysia di Platinum Suites, Kuala Lumpur kaya apartemen gitu. Sama kaya tadi pagi, tapi lebih parah sih ini macetnya, macet di pintu buat penumpang naik, jadi kita nunggu lumayan lama sampe grab kita sampe di tempat kita nunggu, Sekitar jam 10.30 kita sampe di Platinum Suites. Oiya ini juga ada drama juga sih wkwkwk, dari siang kan pas masih di Melaka yang kontakan sama gw di airbnb ini nanya kapan bisa check-in, gw bilang belum tau kan karena kita juga emang belum tau kapan sampe kuala lumpur dari Melaka, intinya dia marah lah karena ga boleh gitu harusnya, dia bilang beda antara hotel sama penginapan dia, kalo hotel kan bebas tuh mau check-in kapan aja, kalo dia mungkin udah ada jam2-nya, udah was-was juga sih gmana ini ya, jangan2 ga dibolehin nginep lagi malem ini wkwk, gw ama temen gw sih udah sepakat tadi misal kalo emang udah ga bisa check-in malem ini yaudah kita cari hotel aja dan besoknya kita baru check-in lagi kesini, tapi Alhamdulillah kemaren pas sampe di lobby platinum house gw langsung message dia via aplikasi airbnb dan dbilang kalo udah di lobby, abis itu yang bawa kunci dateng cewe gitu, sambil kita minta maaf karena telat dan dia bilang gapapa kok wkwk, keknya juga beda sih antara yang ngasih kunci sama yang message-an via aplikasi airbnb wkwk emang karena mereka perusahaan juga kan bukan punya pribadi gitu apartemennya, tapi yang penting malem ini ga perlu keluar duit lagi buat sewa hotel di tempat lain haha Alhamdulillah. Abis dapet kunci kita langsung menuju ke kamar, kamar kita ada di lantai sampe kamar langsung takjub, bagus banget apartemennya, jadi pengen punya apartemen juga wkwk. Abis rebahan bentar temen gw ngajak ke Bukit Bintang buat cari makan, karena kita belum makan malem juga kan, sekitar jam 23.00 kita turun ke lobby trus pesen grab, sampe sana macet bgt karena lagi mau count down tahun baru cina kan, yaudah akhirnya kita mutusin buat jalan kaki, disana kebanyakan kuliner seafood gitu sih, abis jalan dari ujung sampe ujung kita mutusin buat cabs, tapi sebelum cabs kita mampir dulu beli makanan street food disitu buat di bungkus, beli chicken skin sama satu lagi apa gw lupa wkwk, yah mayan lah buat ganjel perut. Abis makan tadinya mau lanjut ke Twin Tower Petronas, tapi karena udah malem bgt, dan udah cape dan gerimis juga akhirnya kita mengurungkan niat dan kembali ke penginapan.

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone