Akhirnya kembali menulis lagi ~~
Ini trip pertama di tahun 2020, sebenernya setelah ini ada lagi satu trip, abis ini gw tulis di post selanjutnya ya, dan semoga 2 trip ini bukan trip terakhir di tahun ini haha, kenapa ? Karena gw nulis ini di tanggal 22 Maret, di dunia dan juga Indonesia lagi rame masalah virus corona atau covid-19, semakin banyak yang positif kena virus corona dan semakin banyak juga yang meninggal dunia hikz. dan dua minggu ini juga gw Work From Home (WFH), banyak juga sih perusahaan-perusahaan di Jakarta yang melakukan kebijakan WFH, tujuannya agar ga banyak interaksi langsung antar orang dan semoga bisa menekan semakin banyak yang kena virus corona. Agak was-was juga kalo kena, tapi semoga kita semua sehat-sehat terus aman ga kena, dan semoga cepet selesai wabah virus ini ga berkepanjangan, obatnya bisa ditemuin sehingga walaupun ada yang positif kena bisa langsung sembuh dan yang pasti agar bisa beraktifitas seperti semula. Amiin

Sebenernya ini trip terjadi di tanggal 11 Januari 2020 kemaren, kenapa baru sekarang bisa ditulis ? Jadi kemaren tanggal 31 Januari 2020 merupakan hari terakhir gw sebagai iOS Developer di MNC Innovation Center, yak gw pindah kerja yeayy. Setelah satu tahun dan satu bulan gw memutuskan untuk pindah kerja. Dan MNC Innovation Center menjadi kantor yang paling sebentar gw kerja selama gw berkarir. Karena selama ini gw rata-rata 2 tahun lebih kerja di suatu perusahaan hehe
Sebenernya kemaren ada 2 perusahaan yang udah sampe di tahap offering letter yaitu Bhinneka.com sama SehatQ.com, dua-duanya gw suka sih karena emang belum pernah gw kerja di perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan (SehatQ) sama ecommerce (Bhinneka). Tapi setelah berbagai macam pertimbangan terutama gaji haha, gw lebih memilih SehatQ hehe. Dan mulai tanggal 1 Februari 2020 kemaren, gw resmi menjadi iOS Developer di SehatQ. Sebenernya SehatQ itu startup juga tapi setelah 2 bulan kurang gw kerja disana, culturenya ga terlalu startup sih, masih berasa korporatenya, mungkin karena di bawah naungan Sinar Mas Group jadi masih berasa kulture korporatenya. Dan jujur sampe sekarang masih beradaptasi sih, belum dapet enaknya terutama flow kerjanya. Semoga bisa lah betah kerja disana, minimal setahun lah hehe. Amiin. Karena ga cuma gaji doang penyebab gw pindah dari perusahaan, mangement, atasan, atau kebijakan HR yg ga asik juga bisa salah satu penyebab gw pindah. Oiya jangan lupa ya download aplikasi SehatQ di iOS hehe

Cukup ya update tentang personalnya haha. Semoga dua alasan tadi yaitu virus Covid-19 dan baru masuk ke kantor baru, bukan penghalang untuk trip-trip selanjutnya, tau sendiri kan kalo masuk ke kantor baru jadi kalo mau ajuin cuti agak segan, apalagi baru dapet cuti setelah probation (3 bulan) dan itupun baru bisa ambil cuti 3 hari. Trus juga tahun ini cuti bersamanya banyak, dan dikantor sekarang sama kaya kantor sebelumnya cuti bersama ya dipootong jatah cuti tahunan huhu

Balik lagi ke Trip Banyuwangi ini, jadi sebenernya ketika gw ngajuin resign sekitar akhir November, rencananya pengen one month notice ke perusahaan gw waktu itu yaitu MNC, tapi tetep gw bilangnya ke SehatQ itu masuk awal Februari, jadi last day di MNC akhir desember, trus ada sisa satu bulan di Januari, pengennya istirahat sekalian trip panjang, udah banyak tuh rencana travel salah satunya pengen cobain long trip, Banyuwangi – Bali – Lombok. Tapi rencana hanyalah rencana haha. Ternyata gw ga diijinin cuma one month notice, mesti two month notice hikz, jadi last day gw di MNC itu tanggal 31 Januari. Yaudah akhirnya memutuskan untuk memilih ke Banyuwangi aja, kenapa milih Banyuwangi ? ya karena belum pernah sih di banding Bali yang udah beberapa kali dan Lombok udah pernah sekali. Gw ke Banyuwangi itu tanggal 11 Januari 2020 sampe tanggal 14 Januari 2020. Dan selama 4 hari 3 malem itu nginepnya di Dialoog Banyuwangi. Sebenernya pengen nambah sehari atau dua hari lagi tapi ga enak kebanyakan ntar ga masuknya haha, walaupun udah ga ada kerjaan cuma knowledge transfer tapi tetep aja ga enak, apalagi ntar juga ada ambil cuti karena mau trip lagi ke Kuala Lumpur sebelum masuk ke kantor baru.
Karena emang tujuan trip ini cuma staycation dan liburan santai jadi kemaren selama di Banyuwangi gw ga kemana2 sih, kebanyakan stay di hotel, keluar paling pas jam makan keluar cari makan di kotanya sekalian jalan-jalan aja sama ke Djawatan Benculuk sama Taman Nasional Baluran Situbondo. Jadi ga usah gw bikin post perhari yah, langsung di sini aja hehe
Okeh kita mulai ya :

Sabtu, 11 Januari 2020

Pas berangkat dan pulang ke Banyuwangi kemaren gw naik Citilink, dapet tiket PP seharga 1.6 dan udah termasuk bagasi 10 KG. Pesawat yang gw naikin itu flight hari sabtu jam 12.55 jadi agak santai lah ya ga terburu-buru, tapi tetep sih gw dari bekasi jalan dari rumah ke pool damri jam 9 pagi, sekitar jam 9:20 gw sampe di pool damri bekasi timur, karena emang bis-nya berangkat sejam sekali jadi bis yang gw naikin kemaren berangkat pas jam 10-an. Alhamdulillah ga macet sih sabtu kemaren, sekitar jam 11:30 gw udah sampe di terminal 2, sampe bandara langsung masuk naro bagasi trus ke tempat nunggu deh sampe boarding. Sebelum boarding turun hujan lumayan deres, kirain bakal delay ternyata ga hehe. Sekitar 12:30an pintu gate boarding dibuka, ngantri sebentar sekitar jam 12:50an udah di dalem pesawat nunggu pesawatnya berangkat, pas kemaren berangkat ga terlalu rame, 2 bangku di sebelah gw aja kosong ga ada yang tempatin. Mungkin karena udah pada liburan pas tahun baru kemaren kali ya jadi emang dikit yang liburan dan palingan yang naik kaya warga asli banyuwangi yang pulang dari Jakarta. Sekitar jam 15:00, pesawat mendarat dengan sempurna di Bandara Banyuwangi. Bandaranya kedatangannya ga terlalu besar, mirip lah sama bandara2 di kota-kota kecil, abis nunggu bagasi dateng gw langsung keluar bandara. pas keluar sih mayan luas ya bandaranya, walaupun ga luas2 banget tapi lumayan lah jalannya dari keluar kedatangan sampe ke tempat nunggu angkutan. Tadinya gw udah berencana naik Damri, katanya kan ada tuh Damri dari Bandara menuju ke kota banyuwangi, tapi pas kemaren gw nanya petugas bandara katanya ga ada, akhirnya mau ga mau dan dengan terpaksa memutuskan naik taksi bandara, sebenernya ada sih grabcar/gocar tapi gw ga tau nunggunya dimana, kalo kemaren browsing2 sih mesti jalan keluar dulu dan gw agak males hehe. jadi ya terpaksa naik taxi bandara. Kemaren kena 100rb ke kota Banyuwangi, gw kemaren ga langsung ke Dialoog Banyuwangi tapi gw ambil motor dulu di tempat gw sewa motor. Jadi kemaren di Banyuwangi gw sewa motor di tripolitour, satu hari 80rb tergantung jenis motornya. Kemaren sewanya vario 125.. Tapi karena vario 125nya masih dipake orang jadi dapet vario 150 dengan harga yg sama Alhamdulillah… Kemaren dapet motornya ga terlalu baru sih, dan ga terlalu tua juga, kan Vario 150. Salah satu kekurangannya tripoli, mereka ga bisa antar jemput motornya di Bandara, katanya kejauhan, dan udah coba tanya beberapa tempat sewa motor di Banyuwangi lainnya juga semua bilang ga bisa antar jemput motornya di Bandara karena terlalu jauh dari kota. Jalan di Banyuwangi udah bagus dan beraspal semua, kemana-mana selalu pake google maps dan Alhamdulillah selalu sampe ke tujuan dan ga nyasar. Abis ambil motor langsung dah gas ke Dialoog Banyuwangi, sekitar 20 menit dari tripoli motor ke Dialoog Banyuwangi. Sampai disana seperti biasa karena emang hotel bintang lima dan mungkin heran naik motor, ditanya lah sama satpam mau kemana, trus gw bilang aja mau check-in, langsung deh satpamnya senyum dan menyilakan masuk, area parkirnya luas sih dan ada parkiran motor juga, dan kayanya digabung antara parkiran motor dan pengunjung, karena setau gw pengunjung dari luar yang ga nginep boleh kaya makan di restaurannya gitu hehe.

IMG_E3354

Abis parkir motor langsung jalan ke loby buat checkin, abis kasih nama, ktp dan kasih liat bookingannya, gw disuruh duduk di kursi duduk sambil ga lama kemudian di bawain welcome drink gitu, enak welcome drinknya kaya minuman tradisional gitu tapi gw lupa, dari lobby hotel udah keliatan sih indahnya pemandangan hotel, rumput luas yang hijau, pohon-pohon kelapa, di ujung sana ada kolam renang dan terliat laut luas selat bali beserta pulau bali. Mantap lah pokoknya, ga sabar liat view dari balkon kamar hehe. Sekitar 15 menit gw dikasih kunci kamar dan dikasih tau untuk menuju ke kamar. Kemaren gw booking type kamar yang Deluxe Ocean View, kemaren dapet kamar di 2501, lantai paling atas sih, tapi dapet terlalu di pinggir, viewnya agak keganggu sama bangunan lain, mungkin kalo di tengah kaya 2503 lebih mantep kali ya hehe. Kamarnya mayan sih, ga terlalu gede dan ga terlalu kecil juga, pas lah, tapi untuk kamar mandinya agak kecewa sih karena kecil bgt dan ga ada bathub-nya hikz. Trus kekurangannya lagi ga ada kulkas mini, jadi ga bisa simpen minuman-minuman dingin hikz, untuk yang lainnya mantep sih, apalagi viewnya dari dalem kamar aja mandang keluar mantab apalagi pas lagi di balkon, lebih mantab lagi. Karena kaca jadi viewnya enak plong keluar, mantab lah pokoknya hehe
Tadinya mau jalan-jalan sekitar hotel sih atau sekalian berenang mungkin tapi liat dari kamar rame bgt,mungkin karena hari sabtu kali yah jadi banyak yang nginep atau banyak yg berkunjung, akhirnya mengurungkan niat untuk jalan-jalan explore hotel dan memutuskan untuk santai2 di kamar, balkon, pindah lagi ke kamar sampe malam haha
Abis mandi, tadinya galau mau pesen makan via ojek online apa jalan-jalan keluar naik motor, akhirnya memutuskan jalan-jalan keluar naik motor, pengen liat suasana malem minggu di kota banyuwangi, kemaren makan malem pengen nyobain kuliner khas Banyuwangi dan akhirnya memutuskan untuk makan di Nasi Tempong Mbok Nah, sekitar 30 menit dari Dialoog ke Nasi Tempong Mbok Nah, porsinya dan lauknya lumayan banyak sampe nutupin nasi dan sambelnya juga lumayan pedes haha. tapi enak sih. Abis makan memutuskan untuk beli Xi Bo Ba, hahaha senang sekali di Banyuwangi udah ada minuman favorite. Abis beli xi bo ba langsung balik deh ke hotel. Tidurrr

IMG_E3415
IMG_E3413

Minggu, 12 Januari 2020

Bangun tidur matahari udah tinggi, pas liat handphone udah sekitar jam 7an. Bangun, trus persiapan buat breakfast. Tempat breakfastnya di restaurant di deket kolam renangnya, namanya Casabanyu Restaurant. setau gw dibuka buat umum kok restonya, pengunjung dari luar yang ga nginep disini boleh makan/minum disini. Untuk makanannya pas breakfast lumayan banyak pilihannya sih tapi ga terlalu banyak juga hehe, modelnya prasmanan gitu, enak juga makanannya, viewnya juga mantep bgt, kekurangannya tempat ini cuma satu banyak laler :( Saran gw jangan lupa minta lilin buat di taro di meja buat ngurangin lalernya. Abis makan, langsung deh berenang di kolam renangnya, kolam renangnya juga bagus, lumayan gede dan ga terlalu dalem juga, viewnya juga bagus langsung laut selat bali, betah pokoknya lama-lama kalo ga kepanasan karena udah siang haha. Puas berenang balik ke kamar, mandi trus rebahan di kamar sampe siang. Browsing di internet mau makan siang apa hari ini, ada 2 tempat sih yang dipengenin tapi mutusin jalan dulu aja ke Kota Banyuwanginya, masalah makan dimana ntar ntar aja kalo udah disana, Hari minggu lumayan sepi juga jalanan kota Banyuwangi, mungkin pada istirahat kali ya di rumah, setelah muter-muter akhirnya mutusin makan pecel rawon ayu, lokasinya lumayan juga walaupun ga terlalu jauh bgt, pas sampe sana ga terlalu rame tempat makannya jadi enak bisa pilih duduk dimana. Liat menu dan akhirnya memutuskan pesen Pecel Rawonnya. Pecel Rawon ini emang makanan khas Banyuwangi, selain nasi tempong yang gw cobain semalem. Banyuwangi emang terkenal makanan dengan penggabungan 2 jenis makanan, kaya ini contohnya Pecel sama Rawon, trus ada lagi Rujak Soto, tapi sayang gw kemaren belum sempet nyobain Rujak Soto hikz. Mayan enak juga sih ini nasi pecel rawonnya, apa karena gw emang pemakan segala ya haha karena gw makan apa aja masuk sih soalnya. Abis makan jalan-jalan muterin kota sekali lagi trus balik deh ke hotel. Santai di kamar sampe asar, abis asar berenang lagi deh sampe magrib. Karena musim liburan udah selesai jadi kemaren tuh lumayan sepi sih, sering bgt gw beberapa kali berenang dan ga ada orang lagi yang berenang, jadi berasa kolam renang sendiri haha. Malemnya mutusin order makanan via ojek online karena udah males keluar hehe.

VFHB3742
BMDQ3689

Senin, 13 Januari 2020

Hari ini satu hari terakhir full di Banyuwangi karena besok sore udah balik ke Bekasi dan kembali beraktifitas semula huhu. Hari ini sebenernya tujuannya cuma ke Djawatan Benculuk aja, tapi dari kemaren sempet mikir terus, sayang bgt kalo udah di Banyuwangi ga kemana-mana haha. Ada rencana untuk Taman Nasional Baluran setelah dari Djawatan tapi masih belum yakin hehe. Hari ini bangun agak subuhan, sebelum azan subuh udah bangun haha. Dari semalem udah niatin sih kalo mau bangun pagi-pagi banget biar bisa liat sunrise, soalnya kata orang-orang Banyuwangi ini sunsetnya bagus, dan merupakan daerah di pulau jawa yang pertama kali melihat sunrise makanya sering disebut Sunrise of Java. Abis solat subuh rebahan aja di sofa balkon sambil main laptop dengan view yang indah sekali hehe. Sekali-kali foto sunrisenya, walaupun ga dapet full sunrise karena kehalingan matahari tapi tetep lumayan bagus kok, tetep dapet orangenya sunrise apalagi pas subuh-subuh tadi. Sekitar jam 7 mandi, dan siap-siap sarapan sekaligus siap-siap barang-barang apa yang mau dibawa ntar karena niatnya abis sarapan langsung jalan ke Djawatan Benculuk. Hari ini breakfastnya masih prasmanan makanan utamanya ada variasinya sama breakfast kemaren. Masih sama kaya kemaren banyak laler :(
Abis breakfast langsung jalan deh ke Djawatan Benculuk Banyuwangi, lumayan jauh juga sih tempatnya dari hotel sekitar 1 jam-an. Lupa kemaren berapa harga tiket masuknya, sekitar Rp.5000 apa Rp.10.000 ya gw lupa hehe. Jadi De Djawatan ini merupakan sebuah kawasan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar menjulang tinggi dan pohonnya itu punya ciri khas kaya ada bulu-bulunya yang buat makin khas. Kawasan ini katanya punya Perhutani KPH Banyuwangi Selatan, jadi dulu ini katanya tempat penimbunan hasil-hasil menebang pohon gitu, karena hits di instagram dan jadi viral, dan banyuwangi juga lagi mempercantik diri buat menjadi kawasan wisata akhirnya tempat ini di bagusin lah, sekarang disini banyak bangku-bangku, cafe bahkan delman untuk fasilitas para pengunjungnya. Kalo kalian pernah nonton film The Lord of The Rings, dalam salah satu adegan di film tersebut, ada adegan disebuah hutan. Hutan itu berisi pepohonan tinggi dengan akar menjalar dan menghasilkan pemandangan yang bagus, nah hutannya mirip-mirip sama hutan disini. Kemaren pas kesini hari senin, hari kerja jadi ga terlalu rame, enak buat foto-foto. Emang bagus sih pohon-pohonnya, unik lah pohonnya, belum pernah liat sebelumnya.
Abis puas menikmati pemandangan De Djawatan Banyuwangi langsung cabut. Dan akhirnya memutuskan untuk ke Taman Nasional Baluran dan kalo dari informasi google maps sih sekitar 1.5 jam lebih ke Taman Nasional Baluran dari De Djawatan ini. Tapi kemaren sebelum ke Baluran makan siang dulu di Sego Bungkus Bu Poer, karena emang searah kan dan sempet nyasar juga kemaren karena di arahin google maps salah, kayanya yang di google maps lokasi dia yang lama, dan tempatnya sekarang udah pindah ke jalan utama, kemaren ga sengaja ngeliat planknya pas mau arah ke Banyuwangi kota, akhirnya mampir deh.

nizarnizar_84444154_179121160201052_2128271318229906208_n
nizarnizar_82519452_473197526710920_1187201113816597103_n

Abis makan lanjutin lagi jalan ke Taman Nasional Baluran, lumayan jauh juga tempatnya dan gw baru tau kalo Taman Nasional Baluran ini bukan berada di Banyuwangi tapi di Situbondo, kemaren sempet kaget pas lagi jalan ketemu gapura selamat datang di Situbondo haha. Oiya jalan menuju kesana juga merupakan jalan transjawa, jadi hati-hati ya karena banyak bis dan truk-truk barang gitu. Sampe di Taman Nasional Baluran kita beli tiket dulu, gw lupa lagi berapa harga tiketnya wkwk, udah lama soalnya maaf. Murah sih harusnya kalo untuk motor, dari tempat beli tiket kita jalan lagi sekitar 15 menit menuju savana-nya. Dijalan banyak tuh ntar penunjuk kalo ga boleh ngebut-ngebut, maksimal 40km/jam, soalnya katanya takut ada hewan yang nyebrang tiba-tiba, terutama monyet karena banyak bgt sih emang monyetnya kemaren. Ga lama jalan akhirnya sampai di Savana-nya, namanya Savana Bekol, lumayan luas bgt sih emang savananya tapi kemaren ga begitu banyak hewan-hewan yang ada di savana, cuma liat gerombolan rusa, kerbau sama monyet. Bagus lah pokoknya Taman Nasional Baluran ini, ga nyesel gw jalan jauh kesini, viewnya itu indah bgt bener-bener kaya di afrika haha. Puas menikmati pemandangan Taman Nasional Baluran, langsung balik ke hotel. Kalo dari Taman Nasional Baluran ke Dialoog Hotel cuma sekitar 1 jam-an. Sampe hotel solat asar trus turun lagi ke kolam renang berenang sampe magrib hehe. Malemnya order makanan via ojek online lagi karena males bgt keluar saking cape-nya seharian jalan.

IMG_E3756
nizarnizar_83392887_588286368620176_1134357628528246228_n

Selasa, 14 Januari 2020

Hari ini hari terakhir di Banyuwangi, berarti siang nanti mesti checkout dari hotel, balikin motor dan ke bandara buat flight ke Banyuwangi. Ga kaya hari kemaren, gw bangun siangan dikit dari kemaren tapi masih gelap kok, belum terang jadi masih ada waktu buat nikmatin sunrise, dan Alhamdulillah di hari terakhir ini dapet sunrise yang lebih bagus dari kemaren, mataharinya keliatan bulet ditambah cuaca cerah, cantik lah pokoknya ditambah viewnya yang emang udah indah. Semakin melengkapi.
Sekitar jam 7an siap-siap buat breakfast di tempat biasa, sengaja pengen pagian biar bisa ada banyak waktu sebelum waktu checkout nanti, hari selasa ini ternyata breakfastnya ga prasmanan, ala carte gitu, mungkin karena udah sepi ya hotelnya, ga serame kemaren2 jadi ga dibuat prasmanan, mirip sih kaya hotel waktu gw di lombok, breakfastnya mirip-mirip kaya gini, jadi kita dikasih menu, dan boleh pilih yang mana aja. boleh sih mau kalo mau nambah lagi tapi ga enaknya kalo gini malu aja minta nambah lagi hahaha
Sebenernya duduk-duduk di resto ini tuh enak bgt, adem, viewnya bagus, tapi sayang banyak laler apalagi kalo ada makanan di meja kita, jadi males aja kalo lama-lama, dipakein lilin juga ga begitu ngaruh buat ngusir laler, masih banyak lalernya. Abis makan langsung berenang sampe sekitar jam 9an, balik ke kamar. Mandi abis itu packing buat pulang. Karena waktu checkout masih jam 12, jadi santai-santai dulu sambil main laptop. Sekitar jam 12 turun ke lobby buat checkout dan langsung jalan menuju tripoli buat balikin motor, abis balikin motor mutusin buat langsung ke bandara aja, kali ini gw pake grab. Sampe bandara solat dzuhur, dan tadinya mau makan siang dulu karena udah lewat 1an kan tapi liat2 resto yang ada di bandara kurang sreg, akhirnya skip lanjut sampe ke jakarta, sekitar jam 5an udah sampe jakarta. Makan dulu di solaria sebelum ke pool damri bandara terminal 2 buat menunggu bis yang akan membawaku ke Bekasi hehe. Overall senang sekali trip kali ini, lumayan refreshing dari rutinitas sehari-hari dan macetnya jalanan ibukota, apalagi gw belum pernah ke Banyuwangi dan overall suka sih sama kota Banyuwangi, pilihan makanan banyak, banyak juga tempat sewa motor, walaupun belum dapet sewa motor yang mau anter jemput bandara, dan yang paling gw suka ya pastinya Dialoog Hotel sih, suasana, view dan tempatnya bener-bener enak buat staycation, walaupun ada beberapa kekurangan tapi menurut gw dengan harga segitu sangat worth it sih. pengen sih balik lagi ke Banyuwangi buat ke tempat-tempat wisata yang gw belum pernah kunjungin kaya pantai merah, Ijen dan masih banyak kayanya tempat-tempat wisata yang bagus-bagus di Banyuwangi dan pastinya pengen juga nginep lagi di Dialoog Hotel. Semoga ada kesempatan lagi. InsyaAllah.

nizarnizar_85174115546149162925782308231144419451338n

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone