Sekitar jam 4 kita udah bangun buat mandi dan siap-siap, sekitar jam 5an kita checkout penginapan trus ke dermaga menuju kapal boat kita, suasananya masih gelap, kita sengaja pagi-pagi karena emang mau hunting whaleshark di sekitar perairan talisayan, pas kapal kita mulai jalan cahaya matahari perlahan-lahan mulai nampak, dari kemerahan sampe lama kelamaan jadi kuning. Jadi kemaren buat hunting whaleshark ini kita menuju tengah laut tempat bagan-bagan lagi melaut. Jadi katanya kenapa Whaleshark ini bisa hadir di tempat ini yaitu berawal ketika Nelayan setempat mengangkat hasil melaut mereka di Bagan-bagan yang mereka miliki. Bagan merupakan metode tradisional menangkap ikan pelagis kecil. Setelah beberapa kali angkatan hasil mereka melaut, dipilihlah ikan-ikan yang tidak segar untuk dibuang kembali ke laut, saat ikan-ikan kecil hasil tangkapan yang tidak segar itu dibuang ke laut ternyata Whaleshark ini muncul dan memakan ikan-ikan tersebut.
Mulai saat itulah hampir setiap pagi whaleshark ini muncul ke permukaan untuk sarapan. katanya waktu paling baik untuk bertemu dengan ikan ini adalah saat pagi hari. mulai dari jam 05.00 – 08.00 WITA.Karena itu waktunya mereka cari makan, Saat mereka sedang sibuk sarapan, katanya kita ga perlu susah-susah untuk menyelam, kita bisa dengan mudah Snorkeling di sebelah mereka, selfie dengan mereka atau berenang bersama dengan Whaleshark ini. Tapi kemaren bagan-bagannya ga ada yang beroperasi :(
jadi ga bisa liat langsung Whaleshark hikz, sekitar sampe jam 7 kita muter-muterin tiap bagan-bagan yang lagi dilaut tapi emang ga ada yang beroperasi jadi ga ada ikan yang dibuang, jadi ya Whalesharknya ga bakal muncul karena ga ada makanan hikz, akhirnya kita mutusin buat balik ke derawan.

View this post on Instagram

A post shared by Muhammad Nizar (@nizarnizar) on

Sampe derawan karena masih pagi jadi kita minta dianter lagi ke Taman Si Billy buat snorkeling, karena kemaren kita kurang puas snorkeling disana karena ombaknya gede, Alhamdulillah kemaren ombaknya tenang ga segede kemaren jadi aman wkwk. Puas pokoknya liat keindahan bawah laut Taman Si Billy, disini ada papan namanya juga, jadi kalo kalian bisa berenang dan nyelem kalian bisa foto-foto di papan nama Taman Si Billy ini, selain itu juga bawah lautnya juga bener-bener indah, karang-karang, ikan, dan biota lautnya, dan lumayan luas juga, puas pokoknya kita snorkeling disini, Abis puas snorkeling di Taman Si Billy kita naik kapal buat lanjut lagi ke tempat snorkeling berikutnya yaitu gw lupa namanya wkwk, pokoknya lokasinya deket homestay di derawan, bukan homestay yang kemaren kita tinggalin tapi ya, katanya di spot snorkeling ini sering di temuin penyu-penyu, tapi kemaren kita ga dapet liat langsung penyu sih :( Kalo buat bawah lautnya sih bagus sih tapi ya masih lebih bagus Taman Si Billy tadi hehe. Puas snorkeling kita balik ke homestay tempat kita nginep kemaren, disini kita ga nginep cuma nitip tas sambil nunggu sore hari buat di anter ke tanjung batu, kemaren yang punya homestay baik bgt kita dibukain satu kamar buat taro barang-barang tas kita, sama buat kita mandi abis snorkeling tadi, kemaren kita ga turun di dermaga homestay karena airlautnya lagi surut, jadi kita diturunin di dermaga derawan, dari dermaga derawan kita mampir dulu ke salah satu rumah makan buat makan siang, abis makan kita ke homestay buat mandi, packing dan bersiap-siap untuk pulang hikz

GOPR6402
GOPR6512

Sekitar jam 3an kapal boatnya mulai jalan meninggalkan Derawan menuju Pelabuhan Tanjung Batu, sampe di tanjung batu sekitar jam 5an, dan kita udah ditunggu sama pak supir yang sama nganter kita kemaren dari berau. Sebelum ke Neotel kita mampir dulu ke tempat oleh-oleh di Rumah Basinang, lengkap juga oleh-oleh yang dijual disini makanan, pernik-pernik, baju kaos, baju batik, dll, tapi kemaren gw ga beli sih hahaha, ga tau kurang tertarik aja sama yang dijual disitu, abis beli oleh-oleh kita makan malam dulu di daerah kota, nama restaurannya itu Kedai Bakso Berau, mayan enak juga makanannya. Abis makan baru kita ke hotel buat checkin. Abis mandi sama istirahat sebentar, kita mutusin buat cari tempat ngopi buat ngopi sambil ngobrol-ngobrol karena ini merupakan malem terakhir kita trip, karena besok kita mesti balik ke tempat masing-masing hikz. Kalo pesawat gw dan 2 temen gw itu flight jam 10.25, kalo 2 temen yang lain flight sore kalo ga salah. Kemaren kita ngopi di The Coffee Brewers, ga begitu jauh dari Neotel, pas kemaren lumayan rame juga, dan beneran kedai kopi yang di brew bukan kopi seduh sachetan hahaha, abis puas ngobrol dan ngopi kita balik ke hotel buat istirahat.

Neotel Hotel Berau City Centre

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone