Akhirnya postingan baru…. kalo ada postingan baru berarti tandanya gw abis jalan-jalan lagi kan ya wkwk. Akhirnya menulis lagi setelah terakhir jalan-jalan di bulan April kemaren ke Derawan. Sebenernya di July kemaren sempet staycation di Aston Sentul dan explore beberapa kulineran di Sentul, Bogor. tapi ga tau kenapa males aja nulisnya mungkin karena dikit ambil photo-photonya kali ya hahaha.
Jadi tanggal 7-8 September kemaren gw baru aja abis camping ceria di Ranca Upas, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Ini merupakan camping ketiga gw di Ranca Upas, kenapa kesana lagi ? karena pertama menurut gw ranca upas merupakan tempat yang asik buat camping ceria, aksesnya gampang, parkir mobil luas dan aman, camping ground ga jauh dari parkira mobil, lengkap juga disana (toilet, musholla, kolam renang, dan ada juga warung-warung makan yang buka 24 jam jadi ga bakal takut kelaparan kalo ga bawa peralatan/perlengkapan buat masak-masak. dan juga feel campingnya itu dapet sih kalo menurut gw. Alasan kedua karena ga tau tempat camping yang asik lagi di bandung wkwkwk, pernah sih camping di Situ Cisanti, tapi menurut gw itu terlalu jauh bgt trus coba-coba browsing tempat camping yang asik kaya ada yang saranin gunung putri lembang tapi akses kesana buat mobil susah bgt dan mesti perlu tracking dulu kalo ga salah :(
Jadi ya akhirnya kita camping di Ranca Upas aja hehe. Gw pergi sama 2 temen gw jadi kita total betiga. 2 temen gw ini merupakan temen tahun kemaren kita ke labuan bajo bareng, tadinya tahun ini mau rencana ke Bali, tapi karena satu dan lain hal lainnya akhirnya sampai sekarang masih jadi wacana, tapi semoga bisa kesampean ke Bali di tahun ini.

Sebenernya juga gw dadakan sih ngajak 2 temen gw ini, sebenernya itu rencana camping gw ini sama 2 temen gw yang lain, temen yang waktu itu camping bareng ke ranca upas tahun 2016 kemaren Kita udah planning dari bulan Juli buat camping di 31 agustus sampe 2 september. Jadi biasanya kalo ke bandung itu sabtu minggu camping, minggu senin itu staycation di hotel kota bandung, kemaren udah booking hotel di Swiss-Belresort Dago Heritage tanggal 1-2 september, eh ternyata salah satu temen gw mendadak ga bisa karena salah satu temen deketnya ada yang nikah di tanggal 1 september. Untungnya hotel masih bisa di cancel yaudah akhirnya kita cancel, berembug lagi buat mutusin tanggal berapa akhirnya sepakat pergi di tanggal 7-9 September, eh beberapa hari kemudian temen gw yang satu lagi bilang ga bisa karena rumahnya lagi mau di renovasi dan dia mesti mantau tukangnya selama renovasi itu ga bisa ditinggal-tinggal lama.

Agak sedikit kesel tapi tetap bersabar :’), yaudah akhirnya kita cancel di tanggal 7-9 september itu cari tanggal lain (akhirnya kita jadi jalan dan camping bareng liat postingan setelah ini ya hehe). Tapi gw ga cancel hotelnya, karena gw udah lama pengen bgt camping jadi mutusin buat ngajak 2 temen gw yang kemaren ke labuan bajo bareng itu, dan ternyata mereka mau, yaudah berangkat deh :’)
Kemaren bawa peralatan campingnya lumayan lengkap, kaya bawa cooler box, kursi lipat, meja lipat, intinya mau beda lah dari camping sebelum-sebelumnya yang lesehan terus, liat video-video youtube orang2 luar camping seru juga soalnya pake kursi, meja, masak-masak steak, dan kemaren nyobain juga akhirnya walaupun agak gagal masak steak terlalu asin wkwkwk

CAMPING

Seperti biasa kalo jalan ke Bandung biasanya kita jalan jumat malem, nginep/ tidur di mobil di rest area, abis subuh baru kita jalan ke Bandung biar ga terlalu macet dan sampe sana ga terlalu sore jadi bisa lebih bebas milih tempat buat diriin tenda, tau sendiri lah gmana kalo weekend suasana Ranca Upas, rame bgt pasti hehe. Kebetulan karena jalannya pake mobil gw, dan 2 orang rumahnya di bekasi, satunya lagi di kalibata, jadi kita mutusin abis pulang kerja kita balik dulu, tapi yang rumahnya di kalibata ini ntar pulangnya bareng gw karena emang gw searah sama kantornya. Sekitar jam 10an malem gw baru keluar dari rumah, jemput temen gw di pintu tol bekasi timur, karena kita belum makan malem jadi kita keluar di tol Grand Wisata buat ke indomaret beli perlengkapan yang belum di beli sekalian cari makan, kemaren kita akhirnya makan nasi goreng, selesai makan sekitar jam 00.30 malem, langsung jalan menuju rest area, rencananya kita mau nginep di rest area km.72. Tapi ternyata jalanan tol cikampek macet bgt, tau sendiri kan tol cikampek – jakarta gmana, tengah-tengah lagi ada pembangunan jalur tol layang, di kiri ada pembangunan jalur LRT, dan di kanan pembangunan jalur kereta cepat. Kaco lah macetnya kemaren, sampe rest area km.72 itu sekitar jam 4 pagi. Mata udah ngantuk bgt yaudah akhirnya tidur bentar kita di mobil.

Sekitar jam 6an kita lanjut jalan ke Bandung. Asik sih lancar ga macet, palingan di beberapa titik doang ada hambatan dikit, biasanya karena ada truk-truk transformer yang jalannya lambat jadi pada ambil/pindah ke lajur yang lain. Sekarang kalo mau ke ciwidey udah ada tol pasir koja-soreang jadi lebih asik ga macet dan mempersingkat waktu. Sekitar jam 8.30 kita mampir ke toko Yomart buat beli daging ayam frozen, sekalian sarapan bubur di sebrangnya. Abis makan kita lanjutin jalan lagi menuju Ranca Upas. Sekitar jam 9an lewat kita sampe di Ranca Upas. Lupa kemaren berapa bayar tiket masuknya kalo ga salah total sekitar 100rb an buat 3 orang sama 1 mobil yang mau nginep.

Abis parkir mobil kita jalan kaki ke camping ground-nya buat milih tempat diriin tenda kita, akhirnya kita milih di tempat yang agak di ujung, bagus sih viewnya, walaupun lumayan jauh dari parkir mobil dan toilet. Setelah bawa barang-barang dari mobil kita mulai diriin tenda, dan sekitar jam 11, tenda sudah berdiri :D Setelah tenda berdiri kita langsung tidur karena emang ngantuk bgt wkwkwk. sekitar jam 3 kanan kiri tenda udah mulai rame orang-orang yang baru dateng, seperti biasa kalo camping ga jauh-jauh dari masak, tidur, bersantai wkwk. Gw masak air dulu buat bikin kopi, abis itu rebus cilok sama goreng cireng. Abis itu baru kita masak ayam, sosis, steak, masak air lagi bikin kopi atau teh panas, Pas malem udah mulai rame dan makin dingin, kita coba buat api unggun buat ilangin dingin sekitar jam 9an kita masuk tenda buat tidur. 2 kali ke ranca upas lagi musim ujan jadi gw ga begitu terlalu dingin, makanya gw ga bawa sleeping bag karena gw pikir pake jaket aja udah cukup, tapi ternyata kemaren lagi cerah bgt dan malemnya ternyata dingin bgt, pas malem gw sempet bangung beberapa kali karena ga kuat dinginnya wkwk

Besoknya bangun jam 5an pagi, dan dingin bgt, coba check hp ternyata suhunya sampe 6 derajat celcius, pantesan dingin bgt :( Kabut dimana-mana, penuh lah pokoknya pagi itu sama kabut haha
Sekitar jam 6.30 gw mulai naikin drone, bagus juga viewnya ternyata kalo dari atas sini, kabutnya sih yang bikin makin dapet view-nya, abis naikin drone dan berfoto-foto kita mulai masak air bikin kopi atau teh, trus masak-masak lagi buat sarapan pagi, kali ini masaknya kaya orang-orang bule wkwk, telor ceplok, bacon, sosis, sama roti tawar bakar. Abis makan kita santai sambil menikmati suasana ranca upas pagi hari. Sekitar jam 10an kita siap-siap packing, rapihin tenda dan packing semua buat taro di mobil. Seru lah pokoknya camping kali ini, kali pertama camping di tempat sini dan enak juga suasananya, ditambah masak-masaknya juga hal yang menyenangkan, biasanya kan cuma masak palingan indomie sama masak air panas haha. Sekitar jam 12an kita cabut menuju ke Swiss-Belresort Dago Heritage. Kemaren pas turun macet bgt, lagi ada acara suporter persib kalo ga salah, jadi sekitar jam 2.30 baru masuk tol :(

DJI_0394
DJI_0440
DJI_0425

Swiss-Belresort Dago Heritage

Sekitar jam 3.30 kita sampe di Swiss-Belresort Dago Heritage, ini kali pertama gw nginep disini, kenapa milih nginep disini karena pengen coba hotel baru aja sih, biasanya kan nginep di Padma, dan Padma Hotel merupakan hotel favorite kalo nginep di Bandung, kemaren liat foto-fotonya di tiket.com trus baca-baca reviewnya di tripadvisor asik juga keknya jadi mutusin buat ambil disini. Sampe hotel kita langsung check-in trus langsung ke kamar. Kamarnya bagus lumayan gede, ada bathtub-nya, dengan view kolam renang dan lapangan golf. Sekitar jam 5an kita ke kolam renangnya, disini kolam renangnya pake air hangat sama kaya di padma jadi aman berenang sore-sore menjelang malem karena airnya hangat, sekitar jam 6.30 kita balik ke kamar, mandi bilas dll, tadinya kita mau keluar mau cari makan, tapi udah pada cape kayanya jadinya kita mutusin buat stay di kamar aja, buat makan malemnya kita order makanan deket-deket situ via gojek, mayan lah pokoknya mengisi perut.
Besok paginya sekitar jam 7.30 kita turun buat breakfast, pilihan makanannya disini ga terlalu banyak, dan yang gw buat sedih ga ada nasi goreng dong tapi lumayan enak kok makanannya. Abis makan sekitar jam 8.30 kita balik ke kamar, ganti baju trus balik lagi ke bawah buat berenang dan menikmati view kota Bandung dari kolam renang sini. Sekitar jam 10 kita balik ke kamar, mandi, siap-siap packing buat checkout. Sekitar jam 11.30 kita turun buat checkout, overall asik sih hotelnya dan gw InsyaAllah bakal balik lagi kesini ngajak keluarga bokap nyokap nginep disini hehe.

Abis checkout kita mutusin buat makan siang di Cafe D’Pakar, karena lokasinya deket dari hotel trus sekalian jalan balik gitu, tapi pas sampe sana ternyata tutup karena hari senin emang mereka tutup :( Akhirnya kita mutusin ke Armor Coffe buat ngopi-ngopi sekaligus solat dzuhur. Abis solat kita balik ke Bekasi dan kembali ke rutinitas semula.

Overall seru sekali liburan kali ini, camping di Ranca Upas, abis itu bersantai di Swiss-Belresort Dago Heritage, sayang ga sempet jalan-jalan di kota Bandungnya terutama pas malem hari karena udah males keluar hotel :D

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone