Kalo kalian baca post sebelumnya yaitu camping gw di Rancaupas, kalian pasti udah ngerti alasan di balik camping di Gambung ini hahaha
Kenapa milih di camping disini juga ga sengaja, kebetulan gw liat postingan orang instagram yang dia camping disini, tempatnya asik sih kalo liat dari postingannya, mobil bisa parkir deket tenda, deket sungai juga, dan ada fasilitas toilet umumnya juga, trus gw liat juga ternyata dia ada postingan di youtubenya tentang dia camping disini, dan pas diliat postingan youtubenya makin tertarik sih kalo mau camping disitu. Dari dulu emang salah satu impian gw pengen camping deket danau yang mobil bisa parkir langsung di deket kita diriin tenda, kek salah satu photo ini :

Thomas Barwick / Getty Images

Beda tipis lah ya sama-sama camping di deket air wkwk, kalo Gambung kan sungai kecil kalo yang diatas itu danau :D, tapi semoga bisa kesampean camping di tempat di pinggir danau kek gitu, yang bisa parkir mobil deket tenda. Btw kalo di Indonesia tempat kek gitu dimana ya ? oiya ini link youtubenya kalo kalian mau kesana, dikasih tips dan trik juga kalo mau pake google maps menuju kesana, sangat membantu sekali :

CAMPING

Seperti biasa kalo jalan ke Bandung biasanya kita jalan jumat malem, nginep/ tidur di mobil di rest area, abis subuh baru kita jalan ke Bandung biar ga terlalu macet dan sampe sana ga terlalu sore jadi bisa lebih bebas milih tempat buat diriin tenda, apalagi tempat camping ini belum pernah kita datengin sama sekali. Kebetulan karena jalannya pake mobil gw, dan 2 temen gw ini rumahnya di jakarta, jadi kita mutusin abis pulang kerja kita ke rumah gw dulu, abis magrib kita langsung keluar kantor dan ketemuan di tempat yang udah dijanjikan, sekitar jam 9an udah pada sampe di rumah gw. Sekitar jam 10an malem kita jalan, sebelum masuk tol kita makan dulu deket-deket pintu tol Grand Wisata, sekitar jam 11an, kita udah masuk tol. Alhamdulillah malem ini ga terlalu macet, ada beberapa titik macet karena jalan dipake sama alat2 berat yang lagi anuin Tol Layang, sekitar jam 1-an malem kita udah sampe di rest area km.72. Gw langsung tidur sih karena ngantuk bgt wkwk, 2 temen gw masih ngobrol ga tau mereka tidur apa ngga, Adzan subuh gw dibangunin sama temen gw, abis sholat subuh sekitar jam 5an kita jalan menuju Bandung. Perjalanan menuju Bandung juga ga terlalu macet, lancar sih bisa dibilang, Kaya sama kemaren ke Ranca upas jalannya, kita lewat tol soreang. Sekitar jam 7 pagi kita mampir dulu buat sarapan, sekitar beberapa ratus meter dari belokan ke arah jalan menuju Gambung. Abis makan kita lanjut jalan lagi, dengan mengandalkan google maps, Alhamdulillah kita sampe juga di Kantor Desa Mekarsari Gambung, dari situ kita bayar masuk mobil 10rb ke bapak penjaga pos situ, dari situ jalan lagi sekitar 2 kilometer ya keknya, gw sih ngerasanya lumayan jauh jalannya dari Kantor Desa Gambung itu ke camping groundnya. Jalannya kecil tanah berbatu gitu, pemandangan kanan kirinya kebun teh, sempet liat beberapa ibu-ibu yang lagi kerja di kebun tehnya, asri lah pokoknya suasana dan viewnya. Sekitar 15 menit-an kita sampe di camping groundnya, kalo camping groundnya sih lumayan gede ya, tapi kemaren ada sebuah universitas yang ngadain acara di sana kaya orientasi mahasiswa gitu keknya, jadi beberapa tempat ada yang udah dibooking ama dia. Oiya untuk tiket masuknya kemaren total bayar 100rb buat 3 orang dan 1 mobil. Disana ada 2 warung kalo ga salah, satu yang punya itu yang penjaga camping groundnya, katanya sih kalo sabtu minggu mereka emang buka warung, toilet juga banyak disini, dan gratis. Karena kita sampe sekitar jam 10.30an jadi masih agak sepi, jadi masih bebas milih diriin tenda di deket sungai, setelah memilah milih akhirnya kita mutusin diriin tenda di deket sungai.

Abis diriin tenda, seperti biasa karena kurang tidur dan ngantuk berat jadi kita pada tidur dulu, tapi kemaren panas bgt cuacanya, walaupun udah pake flysheet masih tetep berasa panasnya, temen gw malah ada yang pindah tidurnya ke bawah pohon gede wkwkwk, sekitar jam 2an kita bangun, trus masak-masak, masak air buat bikin kopi/coklat panas, masak cireng, rebus dimsum, masak steak, dll, kebetulan kita emang bawa makanan lumayan banyak wkwk
Sekitar jam 4 sore kita mandi di sungai, seger bgt airnya, walaupun debit airnya lagi dikit karena lagi musim kemarau kayanya, malemnya kita bakar-bakar sampah sambil main ludo dari aplikasi handphone. Sekitar jam 9an beres2 tenda, masukin ke mobil soalnya takut diacak-acak sama anjing liar yang tadi siang muncul, ga galak sih anjingnya tapi takutnya di acak-acak aja nyari makanan :D

View this post on Instagram

A post shared by Muhammad Nizar (@nizarnizar) on

Sekitar jam 5an kita bangun, dibanding Ranca upas kemaren suasana disini ga sedingin Ranca Upas sih, jadi aman sih kalo menurut gw ga bawa sleeping bag juga. Sekitar jam 6an kita mulai masak-masak buat sarapan pagi, seperti biasa pertama selalu masak air buat bikin kopi/minuman hangat lainnya kalo yang ga suka kopi, abis itu baru kita mulai masak-masak, kaya masak telor, potato wedges, sosis, beef bacon, bakar roti, chicken wing, banyak lah pokoknya wkwk, sengaja masak semua biar ga perlu bawa-bawa sisanya lagi. Walaupun emang ada yang ga abis makanannya kita kasih buat anjing liar yang ada disitu, abis makan kita mandi dan gw sempetin sebentar buat nerbangin drone buat liat viewnya dari atas kek gimana. Sekitar jam 10an kita beres-beres cuci peralatan yang abis masak dan packing-packing semua barang masukin ke mobil, sebelum itu kita sempetin foto-foto dulu :D

DJI_0442
DJI_0450
DJI_0446
DJI_0442

Sekitar jam 12an kita berangkat menuju Padma hotel bandung, nah pas pulang dari sini kita ada sedikit masalah hikz, jadi jalan yang kemaren kita laluin itu lagi ditutup karena ada pengecoran, dan kita disuruh puter balik, kita sempet ikutin petunjuk jalan orang yang ngasih arahan puter balik itu tapi tetep aja kita sempet nyasar hikz, udah sepi bgt jalannya, mau nanya orang juga ga ada orang, jarang bgt disini ada orang kanan kiri kebon teh semua hikz
Sebenernya ada petunjuk jalan arahan di tiap batang pohon yang ada tikungan gitu, tapi ternyata itu petunjuk jalan buat motor cross, kita sempet ikutin petunjuk jalan dan kita sadar kalo jalan ini ga mungkin di lewatin karena kecil bgt, trus menanjak lagi jalannya, udah gitu ada dahan pohon yang menurut gw mobil biasa ga mungkin bisa lewat, kalo mobil buat offroad mungkin bisa ya. Akhirnya kita puter balik dan menemukan jalan pulang yang bener, pas mau lewatin jalan yang ada dahan pohonnya ini dan puter balik dari sini mobil gw baret-baret panjang karena kena pohon teh, gw juga baru sadarnya pas udah di jalan gede gambung sih.. hikz
Tapi Alhamdulillah bisa keluar dari jalanan setapak kebun teh dengan selamat, ngeri takut kenapa-kenapa kaya ban bocor gitu, soalnya kan dari tadi lewatin jalur bebatuan gitu, udah gitu sepi bgt jalannya dan takut kemaleman juga nyasarnya wkwk. Sekitar jam 3an kita sampe di depan pintu tol soreang, sebelum masuk tol kita muter balik dikit buat makan siang di salah satu rumah padang deket situ, abis makan kita lanjutin jalan ke padma hotel.

Padma Hotel Bandung

Jalanan menuju hotel padma ga terlalu macet sih, macetnya wajar lah biasanya karena antri lampu merah gitu, sekitar jam 4an kita sampe di padma hotel bandung. Ini ketiga kalinya gw nginep di hotel padma. tapi ini pertama kalinya gw nginep di Padma Hotel tapi parkirnya di basement bawah gitu dan paling bawah lagi, rame bgt ternyata kemaren yang nginep hari minggu, biasanya gw selalu parkir mobil di deket pintu masuk. Abis check-in kita langsung menuju kamar. Kemaren gw pilih kamar Deluxe dengan pool view, pertama kalinya juga nginep dengan type kamar ini. Sebenernya di padma hotel ini ada makan sore gitu dari jam 15.00-16.30 dan itu gratis, makan ringan sih kaya dulu gw pernah tuh menunya keya cilok, somay, dan sejenisnya sama teh/kopi. Kemaren petugas resepsionisnya udah nawarin, mau langsung ke restaurant buat snack time, atau ke kamar, tapi kemaren mutusin buat langsung ke kamar karena emang masih kenyang juga sih. Pas masuk kamar ternyata ada cokelat greetings gitu dari pihak hotel, pertama kali juga dapet cokelat kek gini, sebelumnya ga pernah haha. Sekitar jam 5an kita turun buat berenang ke bawah. Disini kolam renangnya pake air hangat jadi tenang ga bakal kedinginan walaupun suasananya emang dingin :D
Sekitar jam 6 kita balik ke kamar, mandi trus istirahat bentar sambil nonton tv, abis isya kita jalan keluar cari makan malam. Kemaren kita makan malem di Alas Daun, gw dah beberapa kali makan disini dan menurut gw enak jadi gw ajak aja makan disini, abis makan kita ngopi di daerah jl.Ambon, namanya Kahve, tempatnya lumayan asik dan kopi susunya juga enak. Sekitar jam 11an kita balik ke hotel.

Besoknya kita bangun agak pagi, sekitar jam 7an kita ke restaurantnya buat breakfast, kemaren lumayan rame bgt, sampe ada waiting listnya dong, jadi ada tempat duduk buat nunggu saking di restaurantnya yang view hutannya udah penuh, Alhamdulillah karena kita pagian jadi tinggal masuk ga perlu nunggu. Kita milih tempat di luar deket balkon dengan view hutan, bagus lah pokoknya viewnya. salah satu yang gw suka dari Padma Hotel Bandung ini varian menu breakfastnya banyak bgt, dan menurut gw komplit, dari makanan western, asian, sampe makanan lokalnya lengkap. Disini juga bisa pesen kopi yang langsung di brew sama baristanya, favorite lah pokoknya breakfast di Padma ini.
Sekitar jam 8.30 kita balik ke kamar buat ganti baju trus turun lagi buat berenang, kalo pagi ini kolam renangnya agak sepi dibanding kemaren sore, jadi enak buat beneran berenang ga cuma basahin badan doang wkwk kaya kemaren sore :D
Sekitar jam 10an kita naik ke kamar, mandi, bilas dan packing buat siap-siap checkout. Sekitar jam 11.30 kita checkout. Sebelum kita pulang ke Jakarta kita makan siang dulu di Nara Park, lokasinya ga jauh dari Padma sekitar 5 menit. Jadi tempat ini sebenernya kumpulan beberapa restaurant gitu, jadi sebenernya Nara Park itu cuma nama tempatnya aja, bukan nama restorannya. Di Nara Park ini ada enam tenant, empat tenant nyediain makanan, yaitu Pamor, Porto Bistreau, Torigen Izakaya, Nanny’s Pavillon, sementara dua tenant sisanya nyediain minuman, yaitu Foresta Coffee dan Oval Bar and Lounge. Kemaren sih buat minumnya kita mesen dari forestra coffe, dan buat makanannya kita mesen yang dari Nanny’s Pavillon, dan untuk tempat duduknya kita milih duduk di Forestra Coffe. Tempatnya bagus sih nara park ini, luas, banyak ruangan terbuka hijau, cocok buat yang bawa anak jadi bisa sambil mainan lari-larian di sini, disini juga ada kaya rumah hobbit, ada kandang kura-kura juga berserta kura-kuranya, musholla sama toilet juga pasti ada disini, yang kurang sih mungkin satu, parkirnya sempit bgt, untungnya disini nyediain parkir valet gitu, jadi aman lah ga perlu pusing mikirin parkir :D
Sekitar jam 13.30an kita cabut dari nara park dan menuju ke makuta jl.Riau, temen gw mau beli oleh-oleh dulu buat orang rumahnya, abis beli oleh-oleh kita langsung jalan pulang, sebenernya dari bandung sampe di km.45an lancar, nah mulai cikarang pusat udah merah bgt tuh google maps, jadi kita mutusin keluar tol lewat jalan biasa, tapi sama aja dong macet bgt juga :(
sekitar jam 7an malem kurang Alhamdulillah sampe di rumah gw, setelah solat magrib mereka bedua langsung balik ke rumah masing-masing.
Overall seru sekali camping kali ini, pertama kalinya camping di Gambung, dan akhirnya ada alternative lain kalo mau camping di Bandung selain di Ranca upas wkwk, semoga jalanan menuju gambung di aspal deh jadi mobil bisa lebih enak menuju kesana. Buat hotel Padma sih ga usah ditanya lagi, salah satu favorite hotel gw kalo nginep di Bandung. :D
Terimakasih sudah membaca, masih ada 2 bulan kurang lagi menuju tahun baru, semoga ada trip2 lagi biar ada postingan lagi sebelum tahun ini berakhir :D

Share this post :Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInPrint this pageEmail this to someone